Pemerintah Fokus Covid-19, Nasib Gaji Ke-13 PNS Belum Diputuskan

Dita Angga ยท Senin, 06 Juli 2020 - 10:30 WIB
Pemerintah Fokus Covid-19, Nasib Gaji Ke-13 PNS Belum Diputuskan

PNS. (Foto: ilustrasi/Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) hingga kini belum diputuskan. Gaji ke-13 PNS biasanya dicairkan pada Juli untuk meringankan PNS dalam biaya pendidikan anak.

“Ya (belum ada keputusan),” kata Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), Dwi Wahyu Atmaji melalui pesan singkat, Senin (6/7/2020).

Dia mengatakan pemerintah saat ini fokus menangani Covid-19. Sebelumnya selama pandemi, tidak semua PNS menerima tunjangan hari raya (THR). PNS eselon II dan I tidak menerima THR sementara yang mendapatkan THR tidak memperhitungkan tunjangan kinerja.

“Pemerintah masih fokus penanganan dampak Covid-19,” ujarnya.

Gaji ke-13 diberikan sejak 2004. Pada tahun-tahun lalu gaji ke-13 diatur di dalam (PP) No. 35/2019. Sesuai PP tersebut, beberapa komponen gaji ke-13 pada 2019 paling sedikit meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan.

Sementara komponen paling banyak gaji ke-13 yakni gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja. Lalu untuk pensiun, komponen gaji ke-13 meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan/atau tunjangan tambahan penghasilan.

Editor : Rahmat Fiansyah