Pemerintah Izinkan Bioskop Buka, Begini Syaratnya

azhfar muhammad · Selasa, 14 September 2021 - 10:26:00 WIB
Pemerintah Izinkan Bioskop Buka, Begini Syaratnya
Pemerintah izinkan bioskop buka, begini syaratnya

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah mengizinkan pembukaan bioskop di sejumlah wilayah dengan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 2. Namun, dengan beberapa persyaratan. 

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pelonggaran pembukaan biosop itu diberikan karena penanganan Covid-19 yang dinilai semakin membaik. 

"Pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50 persen pada kota-kota level 3 dan level 2. Hanya yang kategori hijau yang dapat memasuki area bioskop," kata dia, Senin (13/9/2021) malam. 

Ketentuan ini diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam Inmendagri tersebut, ada enam syarat yang harus dipenuhi bioskop untuk bisa beroperasi, yakni:  

1. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

2. Kapasitas penonton maksimal 50 persen dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam PeduliLindungi yang diperbolehkan masuk bioskop. 

3. Pengunjung yang berusia kurang dari 12 tahun dilarang atau tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam bioskop. 

4. Penonton dan pengunjung bioskop tidak diperkenankan atau dilarang makan dan minum selama film diputar. Bagi pengelola pusat hiburan bioskop juga tidak diperkenankan menjual makanan dan minuman dalam area bioskop. 

5. Penonton wajib mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan.

6. Daftar perusahaan yang akan mengikuti uji coba ini ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syarifuddin sebelumnya mengatakan, rencananya bioskop akan dibuka pada 14 September 2021. Pengusaha bioskop pun telah melakukan sejumlah persiapan setelah bioskop ditutup karena aturan PPKM demi mengurangi penyebaran Covid-19. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: