Pemerintah Tingkatkan Standar Pelatihan Kartu Prakerja secara Berkala

Anggie Ariesta ยท Minggu, 24 Oktober 2021 - 09:01:00 WIB
Pemerintah Tingkatkan Standar Pelatihan Kartu Prakerja secara Berkala
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah tingkatkan standar pelatihan Kartu Prakerja secara berkala. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah berupaya meningkatkan dan menyempurnakan standar pelatihan Program Kartu Prakerja secara berkala. Hal ini dilakukan supaya lebih berguna bagi penerima manfaat Program Kartu Prakerja

Dia menjelaskan, program ini kelahirannya tak bisa dilepaskan dari respons awal dan cepat pemerintah terhadap dampak pandemi Covid-19. Karena itu, Airlangga bersyukur program ini semakin diminati dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

"Sejauh ini, hingga gelombang ke-21, terdapat 75 juta pendaftar dan tercatat sebanyak 11,4 juta orang yang tersebar di 34 provinsi se-Indonesia telah mendapatkan manfaat Program Kartu Prakerja," tulis Airlangga dalam akunnya di Instagram, dikutip Minggu (24/10/2021).

Menurutnya, antusiasme dari masyarakat ini menunjukkan telah terjadi peningkatan literasi digital yang cukup signifikan di Tanah Air. Selain itu, tentunya para penerima manfaat telah merasakan sendiri betapa program ini telah memberikan dan atau menambah keahlian di bidang pekerjaan yang mereka sukai atau geluti.

"Untuk itu, penting bagi pemerintah untuk selalu meng-update, mengevaluasi, meningkatkan dan menyempurnakan standar pelatihan Kartu Prakerja secara berkala," ujarnya. 

Lebih lanjut dia menuturkan, penyempurnaan standar pelatihan ini harus merupakan langkah kolaborasi antara pemerintah dengan para pakar, melibatkan unsur perguruan tinggi, akademisi, peneliti dan profesional. Untuk itu, dia telah melakukan pertemuan dengan para rektor yang mewakili perguruan tinggi dan yayasan untuk menyampaikan apresiasi atas dukungan dan keterlibatan mereka sebagai mitra PMO Program Kartu Prakerja dalam menjaga standar pelatihan yang berkualitas.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kolaborasi yang dilakukan kepada para mitra yang telah mendukung pencapaian tujuan program ini. 

"Saya harap inisiatif baik dan kerja sama kita dapat terus berlanjut, ke depannya program ini terus ditingkatkan kualitasnya dengan lebih baik sehingga berguna bagi lebih banyak penerima manfaat, dan tentunya kontributif bagi pembangunan SDM serta upaya pemulihan sosial ekonomi masyarakat," ucap Airlangga. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: