Penambang Bitcoin Berbondong-bondong ke Kota Ini, yang Terjadi Tak Sesuai Harapan 

Aditya Pratama · Jumat, 25 Juni 2021 - 13:23:00 WIB
Penambang Bitcoin Berbondong-bondong ke Kota Ini, yang Terjadi Tak Sesuai Harapan 
Penambang Bitcoin berbondong-bondong ke kota di bagian utara New York.

NEW YORK, iNews.id - Kota Plattsburgh di bagian utara New York menjadi salah satu tempat penambangan Bitcoin. Para penambang kripto ke sana untuk mendapatkan energi murah. 

Kedatangan mereka yang awalnya diharapkan bisa meningkatkan ekonomi dengan membuka lapangan pekerjaan, justru tidak sesuai harapan. 

Mantan Wali Kota Plattsburgh Colin Read meragukan manfaat ekonomi yang bisa diperoleh dari penambang kripto di sana. Pasalnya, perusahaan penambang kripto sempat berjanji akan membuka lapangan kerja di wilayah tersebut, namun mereka tidak merealisasikannya. 

"Kabupaten dan kota terpikat oleh semua janji penciptaan lapangan kerja, mereka tidak mewujudkannya," kata dia, dikutip dari CNBC, Jumat (25/6/2021). 

Dia menuturkan, ada salah satu operator Bitcoin terbesar di dunia yang beroperasi di Plattsburgh, namun mereka hanya membuka sedikit lapangan pekerjaan. Penambangan Bitcoin membutuhkan energi besar, dengan menggunakan komputer bertenaga tinggi untuk memecahkan teka-teki komputasi demi memverifikasi transaksi di seluruh jaringan blockchain.

Ada desakan dari beberapa politisi, seperti Walikota Miami Francis Suarez untuk menarik penambang Bitcoin ke kota atau negara bagian Amerika Serikat (AS), terutama setelah China menutup proyek penambangan Bitcoin di negaranya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: