Penjualan McDonald's Ambles Pertama Kali dalam 3 Tahun, Ini Penyebabnya
CEO McDonald's, Chris Kempczinski menuturkan, saat ini konsumen lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang mereka.
"Sentimen konsumen di sebagian besar pasar utama kami tetap rendah," tuturnya dikutip, Selasa (30/7/2024).
Snalis Edward Jones Brian Yarbrough menyebut, pukulan terbesar terhadap McDonald's adalah konsumen berpenghasilan rendah yang benar-benar telah mengurangi kunjungan ke restoran makanan cepat saji.
"Dan itu lebih dari sekadar mengimbangi penurunan perdagangan yang biasanya dialami McD di masa ekonomi yang lebih sulit," katanya.
Pemulihan yang lebih lambat dari perkiraan di China dan konflik Timur Tengah turut mempengaruhi kinerja segmen bisnis restoran McDonald's yang dioperasikan oleh mitra lokal, di mana penjualan turun 1,3 persen dibandingkan dengan kenaikan 14 persen pada tahun sebelumnya.
Perusahaan seperti McDonald's dan Starbucks juga terkena dampak boikot konsumen terkait dengan perang di Gaza, yang turut memukul penjualan mereka di pasar Timur Tengah.
Namun, McDonald's tetap berpegang pada anggaran belanja modalnya hingga 2,7 miliar dolar AS, dengan lebih dari setengahnya dialokasikan untuk restoran baru di AS dan pasar internasional.
Editor: Aditya Pratama