Perkuat Pengawasan Kapal, KKP Luncurkan Aplikasi SALMON

Suparjo Ramalan · Kamis, 08 April 2021 - 17:40:00 WIB
Perkuat Pengawasan Kapal, KKP Luncurkan Aplikasi SALMON
Kementerian Kelautan dan Perikanan meluncurkan aplikasi Sistem Aktivasi Lacak dan Monitor Transmitter SPKP Online (SALMON). (Foto: KKP)

BANDUNG, iNews.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan aplikasi Sistem Aktivasi Lacak dan Monitor Transmitter SPKP Online (SALMON). Aplikasi ini berguna untuk memudahkan sekaligus memperkuat pengawasan partisipatif oleh pemilik kapal.

Peluncuran SALMON merupakan wujud komitmen KKP di bawah kepemimpinan Menteri Sakti Wahyu Trenggono untuk terus meningkatkan kualitas layanan serta pengawasan partisipatif pemilik kapal perikanan.

“Hari ini kami luncurkan aplikasi SALMON, dengan aplikasi ini pengurusan Surat Keterangan Aktivasi Transmitter (SKAT) tidak perlu dilakukan di Kantor KKP,” ujar Plt. Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Antam Novambar, Kamis (8/4/2021).

Sekretaris Jenderal KKP tersebut menjelaskan aplikasi SALMON bisa diunduh di Playstore karena telah dibuat dan dikembangkan dengan basis aplikasi android. Aplikasi ini juga mendukung  Near-Field Communication (NFC) yang memungkinkan  perpanjangan SKAT dapat dilakukan lewat smartphone. “Saat ini SKAT-nya dalam bentuk kartu NFC,” katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2