Permohonan Perceraian Diajukan ke Pengadilan, Ini Petisi Bill Gates dan Istri soal Pembagian Aset

Jeanny Aipassa ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 16:25:00 WIB
Permohonan Perceraian Diajukan ke Pengadilan, Ini Petisi Bill Gates dan Istri soal Pembagian Aset
Bill Gates dan Melinda Gates

SEATTLE, iNews.id - Permohonan perceraian konglomerat Bill Gates dan istrinya, Melinda Gates, telah resmi diajukan ke Pengadilan Tinggi King County, di Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS), Senin (3/5/2021). Dalam petisi perceraian, Bill Gates dan istrinya menyatakan telah mencapai kesepakatan tentang bagaimana membagi aset perkawinan mereka. 

Meskipun tidak dirinci, dalam petisi perceraian Bill Gates dan Melinda Gates disebutkan bahwa keduanya sepakat membagi properti komunal, kepentingan bisnis, dan kewajiban mereka, sebagaimana diatur dalam kontrak perceraian mereka. 

Pengumuman perceraian Bill Gates dan Melinda Gates memunculkan spekulasi tentang posisi kekayaan Bill Gates selaku pendiri Microsoft yang akan berubah karena pembagian harta gono gini setelah resmi berpisah dengan istrinya. 

Hal itu, juga memunculkan kekhawatiran mengenai kelangsungan Bill & Melinda Gates Foundation, yang mencakup pendidikan, kesetaraan gender, dan perawatan kesehatan.

Sesuai data Forbes, Bill Gates menduduki peringkat keempat orang terkaya di dunia dengan kekayaan sekitar  124 miliar dolar AS atau Rp1.790 triliun.

Dalam pernyataan terpisah, Bill & Melinda Gates Foundation menyatakan pasangan itu akan tetap menjadi ketua bersama dan pengawas yayasan.

"Mereka akan terus bekerja sama untuk membentuk dan menyetujui strategi yayasan, mengadvokasi masalah yayasan, dan menetapkan arah keseluruhan organisasi," demikian bunyi pernyataan Bill & Gates Foundation, yang dikutip Reuters, Selasa (4/5/2021). 

Diluncurkan pada Tahun 2000, Bill & Melinda Gates Foundation menempati peringkat sebagai yayasan filantropi swasta terbesar di AS dan salah satu yang terbesar di dunia, dengan aset bersih 43,3 miliar dolar AS atau setara Rp625,401 triliun pada akhir 2019. 

Sejak 1994 hingga 2018, pasangan itu memberikan lebih dari 36 miliar dolar AS atau Rp519,964 triliun kepada yayasan yang berbasis di Seattle itu. 

Tahun lalu, investor Warren Buffett melaporkan menyumbangkan lebih dari 2 miliar dolar AS atau Rp28,886 triliun dari saham Berkshire Hathaway Inc (BRKa.N) miliknya ke Bill & Melinda Gates Foundation sebagai bagian dari rencana untuk membagikan seluruh kekayaannya sebelum kematiannya.

Editor : Jeanny Aipassa