Perpres Mobil Listrik Disahkan, Toyota Astra Koordinasi dengan Induk di Jepang

Antara ยท Minggu, 11 Agustus 2019 - 18:04 WIB
Perpres Mobil Listrik Disahkan, Toyota Astra Koordinasi dengan Induk di Jepang

Mobil listrik. (Foto: ilustrasi/AFP)

MEDAN, iNews.id - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) mobil listrik. TAM mengaku akan mempelajari aturan ini secara lebih rinci terlebih dahulu.

Deputi GM Marketing TAM, Andri Widiyanto mengatakan, perusahaan terus berkoordinasi dengan Toyota Motor Corp dan Toyota Motor Asia Pasific soal strategi mobil listrik di Tanah Air.

"Kami juga melakukan diskusi dan pembahasan dengan Toyota Motor Corporation (TMC) dan Toyota Motor Asia Pasific (TMAC) tentang mobil electric seperti apa dan model apa yang akan dimasukkan ke Indonesia," kata dia di Medan, Sumatra Utara, Minggu (11/8/2019).

BACA JUGA:

Jokowi Ingin Mobil Listrik Dijual Murah dan Berkualitas

Soal Perpres Mobil Listrik, Presiden Jokowi: Sudah Saya Tandatangani

Koordinasi dengan induk usaha, kata dia, dilakukan sambil menanti aturan turunan dari Perpres yang ditandatangani Presiden. Setelah itu baru nanti TAM menentukan strategi agar mobil listrik dari Toyota bisa diterima masyarakat.

"Divisi GR (Government Relation) kami biasanya mencari tahu lebih detail tentang kebijakan turunan pengembangan mobil listrik seperti apa," ujar dia.

Menurut Andri, aturan ini penting karena menentukan strategi pemasaran TAM, termasuk soal penentuan harga (pricing). Saat ini, Toyota baru memasarkan mobil hybrid alias gabungan listrik dan bensin meski sudah menyiapkan mobil full electric.

"Soal harga ini penting, karena tiap segmen memiliki kemampuan yang berbeda untuk bisa menerima harga mobil hybrid yang lebih mahal dari konvensional," ucap dia.


Editor : Rahmat Fiansyah