Persaingan Ketat, Begini Tips Sukses Jadi Reseller

Giri Hartomo ยท Senin, 02 November 2020 - 23:05:00 WIB
Persaingan Ketat, Begini Tips Sukses Jadi Reseller
Berbisnis dengan sistem reseller sangat cocok bagi mereka yang tak punya modal besar. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Berbisnis dengan sistem reseller sangat cocok bagi mereka yang tak punya modal besar. Namun, usaha menjual barang orang lain semacam ini cukup banyak peminat sehingga persaingan sangat ketat.

CEO Neyma, Dodi Zulkifli mengatakan, kunci utama bagi mereka yang ingin berjualan lewat reseller adalah pandai mencari distributor. Proses pemilihannya tak mudah.

Salah satu ciri distributor yang baik, kata Dody, yaitu mau mengajarkan pemasaran kepada reseller, sehingga bisa terampil dalam memasarkan produk kepada konsumen.

“Cari distributor atau pemilik brand yang mau ngajarin. Saya sarankan memilih brand-brand yang mau melakukan pembinaan,” kata Dodi dalam Talk show daring Instagram Live Okezone.com, Senin (2/11/2020).

Dodi juga menyarankan agar memilih distributor yang menjual produk yang brand-nya sudah dikenal masyarakat. Riset dibutuhkan namun tak perlu berpikir lama.

“Jadi prinsipnya enggak usah ribet, pokoknya jualan apa yang dibutuhkan orang-orang. Kita cukup akses orang-orang yang kenal dan percaya sama kita. Prinsipnya (barang yang dijual) bisa digunakan sehari-hari, maka akan semakin cepat repeat order-nya,” ujarnya.

Menurut Dodi, perencanaan dalam berbisnis bisa dipikirkan di kemudian hari. Setiap rencana bisa dieksekusi sambil bisnis tetap berjalan. Yang jelas, seorang pebisnis tak boleh takut dan berani dalam mengambil risiko.

“Yang penting jalan dulu aja. Kalau kita tidak pernah mencoba tidak akan pernah tahu hasilnya. Jualan aja dulu. Pikiran kita didesain untuk menghindari sesuatu hal yang baru. Makanya yang tadinya disuruh bergerak, lalu berjualan itu tidak nyaman. Kalau kita tidak pernah melakukan sesuatu itu tidak akan pernah berubah," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah