Pertama Kali, Pesawat N219 Buatan Indonesia Diperkenalkan di Pameran Internasional

Arif Budianto ยท Senin, 20 September 2021 - 14:35:00 WIB
Pertama Kali, Pesawat N219 Buatan Indonesia Diperkenalkan di Pameran Internasional
Pesawat N219 Nurtanio buatan PT Dirgantara Indonesia mengantongi sertifikat tipe pesawat dari Kementerian Perhubungan. (Foto: Kemenhub)

BANDUNG, iNews.id - Untuk pertama kalinya, pesawat N219 buatan anak negeri bakal diperkenalkan ke pasar luar negeri, yakni pameran Internasional Teknofest Aerospace And Technology Festival 2021 (Teknofest), di Istanbul, Turki. Ajang ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan pesawat tersebut.

Menurut Sekretaris Perusahaan PTDI Irlan Budiman, PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI) akan mempromosikan pesawat CN235-220 dan pesawat N219 dalam ajang Internasional Teknofest Aerospace And Technology Festival 2021. 

Keikutsertaan PTDI dalam acara ini dalam upaya perluasan pemasaran, kerjasama dan peningkatan penjualan berbagai produk dan jasa yang dihasilkan selama ini, khususnya pesawat CN235-220 dan N219. 

"Selain untuk mempromosikan pesawat CN235-220 dan N219, PTDI memiliki potensi  untuk menjual produk dan jasa ke Turki maupun ke negara ketiga melalui kemitraan dengan perusahaan Turki. Karena itu, kami menggunakan kesempatan ini sebagai momentum memasuki pasar Turki dan MENA (middle East and North Africa)”, kata Irlan Budiman dalam siaran persnya, Senin (20/9/2021).

Pada ajang itu, PTDI akan melakukan penandatanganan kerjasama dengan beberapa pihak. Pada tanggal 21 September 2021, PTDI melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Havelsan terkait kerjasama Aircraft  Simulator untuk pesawat N219. Penandatanganan ini akan disaksikan oleh Wakil Ketua DPR RI sekaligus Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmat Gobel.

PTDI juga akan melakukan penandatanganan MoU Industrial Collaboration Agreement dengan Turkish Aerospace Industries, Inc. (TAI)  terkait kerjasama N219 Production Extension, Modernization and Life Extension of Turkish CN235 fleet, Engineering Support of TAI’s Development Project.

Teknofest  merupakan ajang tahunan pameran teknologi unggulan Turki yang diselenggarakan sejak 2018. Teknofest 2021 (Teknofest) akan resmi dibuka pada 21-26 September 2021 di Istanbul Ataturk Airport, Instanbul, Turki. 

Ajang ini sebagai melting point inovasi dan kemitraan berbagai stakeholders di bidang ristek, baik dari kalangan pemerintah, pusat penelitian, industri strategis hingga institusi pendidikan.

Teknofest terus berkembang menjadi festival teknologi terbesar di kawasan Eropa, yang pada 2019 berhasil memecahkan rekor sebagai festival teknologi di Eropa yang paling banyak dikunjungi dengan partisipasi lebih dari 120 negara dan dikunjungi 1,5 juta orang. 

Teknofest 2021 akan terdiri dari berbagai program terutama technology exhibition, seminar dan kompetisi teknologi internasional. Festival tersebut juga mempertemukan para pelaku utama teknologi dan industri strategis Turki maupun dari kawasan Eropa lainnya.

Diketahui, N219 adalah pesawat hasil kerja sama antara PTDI dengan LAPAN. Pesawat ini telah resmi memperoleh Type Certificate pada tanggal 22 Desember 2020 dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasioan Pesawat Udara (DKPPU), Kementerian Perhubungan RI. Pesawat N219 merupakan pesawat penumpang dengan kapasitas 19 orang dengan dua mesin turboprop yang mengacu kepada regulasi CASR Part 23. 

Pesawat N219 memiliki kemampuan lepas landas di landasan pendek yang tidak dipersiapkan sehingga akan menjadi pendukung konektivitas antar pulau terutama di wilayah Perintis.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: