PHRI Sebut Lebih dari 1.000 Restoran Tutup Permanen Akibat Pandemi

Shelma Rachmahyanti ยท Rabu, 10 Februari 2021 - 15:27:00 WIB
PHRI Sebut Lebih dari 1.000 Restoran Tutup Permanen Akibat Pandemi
Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat lebih dari 1.000 restoran tutup permanen akibat pandemi Covid-19. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat lebih dari 1.000 restoran tutup permanen akibat pandemi Covid-19. Pembatasan sosial membuat omzet restoran anjlok.

Ketua PHRI DKI Jakarta, Sutrisno Iwantono menilai, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang belakangan diikuti lewat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat mobilitas masyarakat terbatas.

"Khusus restoran sebelumnya terakhir ini kan hanya boleh buka sampai jam 07.00 malam itu pun hanya 25 persen dari kapasitas. Ini tentu sangat menyulitkan kan terutama bagi restoran,” kata Sutrisno dalam Market Review IDX Channel, Rabu (10/2/2021).

Menurut Iwan, tutupnya ribuan restoran tersebut terjadi di berbagai daerah, terutama di tempat wisata seperti Bali dan Yogyakarta. Khusus di daerah wisata, banyak restoran yang mengandalkan wisatawan.

“Karena turis asing tidak ada yang datang ke Indonesia, sejak Januari lalu sudah ditutup untuk WNA yang masuk. Sementara harapannya tentu berasal turis domestik. Tapi turis domestik ini kan tidak mudah juga karena yang bisa menjadi turis itu orang yang punya uang, sementara kelompok-kelompok ini kan sangat memahami risiko dari penyakit itu," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2