Pidato Tahunan, Ketua DPR: Jangan Ada Lagi Kelangkaan Minyak Goreng di Negeri Sendiri

Mochamad Rizky Fauzan · Selasa, 16 Agustus 2022 - 12:02:00 WIB
Pidato Tahunan, Ketua DPR: Jangan Ada Lagi Kelangkaan Minyak Goreng di Negeri Sendiri
Ketua DPR Puan Maharani di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR, Puan Maharani, meminta pemerintah terus meningkatkan produktivitas dan ketahanan pangan agar jangan ada lagi kelangkaan minyak goreng di negeri sendiri. 

Pernyataan itu, disampaikan Puan Maharani dalam Pidato Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI & DPD RI Tahun 2022, yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo, Selasa (16/8/2022).

"Ke depan, jangan terjadi lagi permasalahan seperti kelangkaan minyak goreng di negeri sendiri, yang merupakan negara penghasil CPO (Crude Palm Oil) terbesar di dunia," kata Puan. 
 
Menurut dia, semua generasi memiliki tugas membangun bangsa dan negara untuk mencapai kesejahteraan rakyat yang merata dan kemajuan bangsa ke depan. 

Saat ini, lanjutnya, Indonesia menghadapi tantangan dan kendala yang tidak ringan. Ketidakpastian itu, antara lain pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya pulih dan konflik geopolitik Rusia dan Ukraina. 

Hal itu, membuat pemulihan ekonomi global berada di tengah kerentanan pangan, energi, pengangguran, tekanan moneter global, degradasi lingkungan hidup, serta ancaman bencana alam.

"Untuk itu, kita perlu memperkuat upaya yang fokus pada peningkatkan produktivitas pangan, industri pangan dan kesejahteraan petani," ujar Puan.

Dia mengungkapkan, bangsa dan negara ini kian dituntut untuk dapat memiliki kemampuan dan kekuatan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Harapannya agar dapat mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian berlandaskan Pancasila.

"Sangat penting bagi kita semua, seluruh pemangku kepentingan, seluruh anak bangsa, untuk membangun kekuatan nasional kita, yang dimulai dari kesadaran, kemauan dan komitmen untuk ikut ambil bagian dalam kerja bersama, gotong royong, memajukan Indonesia di segala bidang," tutur Puan.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda