PLN Bakal Beri Diskon Tarif Isi Daya Mobil Listrik

Oktiani Endarwati · Kamis, 23 September 2021 - 08:35:00 WIB
PLN Bakal Beri Diskon Tarif Isi Daya Mobil Listrik
PLN bakal beri diskon tarif isi daya mobil listrik

JAKARTA, iNews.id - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyambut baik insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) kendaraan listrik, yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2018 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Badan Standardisasi Nasional. Perusahaan listrik pelat merah itu pun siap memberikan diskon tarif isi daya mobil listrik.

Adapun PP Nomor 74 Tahun 2021 telah diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan akan berlaku mulai 16 Oktober 2021 mendatang. Semenatra melalui kebijakan tersebut, kendaraan bermotor dengan teknologi battery electric vehicles dan fuel cell electric vehicles akan dikenakan PPnBM sebesar 15 persen dengan dasar pengenaan pajak (DPP) 0 persen dari harga jual. 

Dengan DPP 0 persen dari harga jual, maka untuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) maupun kendaraan bermotor listrik murni berbahan bakar listrik akan dibebaskan dari PPnBM.

Direktur Niaga dan Manajemen PLN Bob Saril mengatakan, PLN siap memenuhi berapapun daya listrik yang dibutuhkan pelanggan. Apalagi saat ini perseroan memiliki cadangan daya sekitar 50 persen, dengan daya mampu listrik mencapai 57 Gigawatt (GW).

"Dengan adanya kebijakan pemerintah tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan konsumsi listrik lebih baik lagi, khususnya di tengah kondisi cadangan daya listrik PLN yang cukup banyak," kata dia dalam keterangannya, Kamis (23/9/2021).

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: