Pola Operasi Line Bogor dan Bekasi Berubah Besok, KCI: Berlaku Permanen

azhfar muhammad · Jumat, 27 Mei 2022 - 21:50:00 WIB
Pola Operasi Line Bogor dan Bekasi Berubah Besok, KCI: Berlaku Permanen
Pola operasi line Bogor dan Bekasi berubah besok, KCI sebut berlaku permanen. (Foto : Antara)

JAKARTA, iNews.id - VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, penyesuaian pola operasi KRL usai Swicth over (SO-5) di Stasiun Manggarai akan mengubah kebiasaan hingga budaya pengguna KRL harian. Penyesuaian pola operasi KRL ini akan bersifat permanen.  

“Terkait rekayasa pola operasi perjalanan KRL, atau sehubungan pekerjaan So-5 di Stasiun Manggarai, sosialisasi sudah terus kami lakukan. Kami sudah sosialisikan dan ini akan mengubah grafik perjalanan yang permanen,” kata dia di acara Sosialisasi Bersama KCI di Jakarta, Jumat (27/5/2022). 

Adapun perubahan yang dilakukan, yakni pola operasi commuter line Bogor dan Bekasi/Cikarang serta pola transit di Stasiun Manggarai. KAI Commuter melakukan rekayasa pola operasi untuk menyiapkan SO5 pada malam ini hingga besok dini hari. Dengan begitu, pola operasi baru akan diterapkan pada Sabtu (28/5/2022). 

Sesuai perubahan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) per 28 Mei, perjalanan KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo-Jakarta Kota pulang pergi (PP) via Stasiun Manggarai. Sedangkan pola operasi loop line dilayani KRL lintas Cikarang/Bekasi dengan dua skema, full racket Cikarang/Bekasi pp via Manggarai atau Pasar Senen, dan Half Racket Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan/Angke pp via Manggarai.

Sementara KRL lintas Rangkasbitung dan lintas Tangerang, KA Bandara Soekarno-Hatta, serta KA Jarak Jauh tidak mengalami perubahan.

“Setelah kegiatan SO 5 dilakukan akan terjadi penyesuaian jalur di Stasiun Manggarai yang digunakan untuk melayani penumpang kereta api. Pasca SO 5 nanti, jalur 1 dan jalur 2 Stasiun Manggarai hanya akan melayani Kereta Api Jarak Jauh, dan jalur 3 akan dinonaktifkan,” tuturnya. 

Sementara untuk KRL Commuter Line lintas Bekasi/Cikarang akan dilayani di jalur 6 dan 7 Stasiun Manggarai. Lintas Bogor akan dilayani di jalur 10, 11, 12, dan 13. Sedangkan KA Bandara Soekarno-Hatta dilayani di lantai dasar jalur 8 dan 9. 

“Ada dua hal yang perlu disampaikan, pertama jalur Bogor yang hanya akan dilayani untuk jalur layang, yang ada di lantai 3 Manggarai,” ucapnya.

Adapun semua KRL yang datang dari Bogor akan masuk ke jalur layang di Lantai 3 menuju Stasiun Cikini, Gondangdia dan Jakarta Kota secara PP

“Artinya jalur lain seperti Tanah Abang-Sudirman, Tanah Abang-Duri Angke akan dilayani oleh kereta yang datang dari Bekasi dan Cikarang. Ada half racket dan full racket,” tuturnya. 

Nah, bagi pengguna KRL dari Bekasi/Cikarang yang ingin ke Jakarta Kota harus transit di Stasiun Manggarai. Begitu juga bagi pengguna KRL Bogor yang akan ke Sudirman, Tanah Abang, Duri juga harus transit lebih dahulu di Stasiun Manggarai. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: