PPKM Level 4 Berlaku di Daerah dengan Capaian Vaksinasi Covid-19 di Bawah 20 Persen

Jeanny Aipassa ยท Senin, 13 September 2021 - 21:17:00 WIB
PPKM Level 4 Berlaku di Daerah dengan Capaian Vaksinasi Covid-19 di Bawah 20 Persen
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam jumpa pers evaluasi PPKM, Senin (13/9/2021). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memutuskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 diterapkan pada daerah yang memiliki capaian vaksinasi Covid-19 di bawah 20 persen. 

Pernyataan itu, disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, dalam jumpa pers virtual terkait evaluasi PPKM, di Jakarta, Senin (13/9/2021).  

"Bagi daerah yang capaian vaksinasinya di bawah 20 persen, PPKM diberlakukan secata ketat, artinya berlaku PPKM level 4," ujar Airlangga. 

Dia menjelaskan, pemerintah tetap memberlakukan PPKM berdasarkan tingkatan level yang disesuaikan dengan kondisi di masing-masing daerah, meskipun angka kasus aktif Covid-19 menurun. 

Hal itu, untuk menghindari terjadinya penyebaran Covid-19 khususnya varian delat yang sulit diprediksi. Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan bahwa PPKM akan terus diberlakukan selama pandemi, dalam bentuk level tertentu sesuai kondisi di masing-masing daerah.

"Angka kasus aktif memang turun, tapi masyarakat jangan geggabah lalu terjadi euforia, karena varfian delta ini sulit diprediksi," ujar Airlangga. 

Dia mengungkapkan, untuk daerah di luar Pulau Jawa dan Bali,  berkontribusi 59,46 persen terhadap kasus aktif Covid-19 nasional per 12 September. 

Adapun kasus aktif dari 9-12 September, untuk Sumatera turun 68,3 persen, Nusa Tenggara turun 81,66 persen, Kalimantan turun 74 persen, Maluku-Papua turun -38,07 persen, sedangkan Sulawesi turun 73,9 persen. 

"Ada data-data yang harus diperbarui, terutama di luar Jawa-Bali karena ada penurunan cukup signifikan dan ada kasus yang lebih dari 21 hari masih terakumulasi, makanya presiden minta data-datanya harus dibersihkan," tutur Airlangga. 

Secara Provinsi, terjadi penurunan pada dua provinsi yang diterapkan PPKM Level 4, sehingga tidak ada lagi yang berada di PPKM Level 4. Lalu dari 22 provinsi yang diterapkan PPKM Level 3 turun menjadi 16 provinsi.

Kemudian di 23 kabupaten/kota tetap diberlakukan PPKM Level 4 karena menyangkut persiapan dan kewaspadaan dari pemerintah dan masyarakat agar penurunan tingkat kasus Covid-19 tetap bisa dijaga karena pandemi Covid-19 sifatnya dinamis. 

Airlangga menambahkan, ada 17 kabupaten/kota yang mengalami perbaikan, dimana 16 turun dari PPKM Level 4 ke PPKM Level 3, dan bahkan ada 1 kabupaten/kota yang turun ke Level 2. 

"Namun tetap akan diberlakukan PPKM Level 4 sambil menunggu agar vaksinasi Covid-19 bisa mencapai minimal 20 persen," kata Airlangga.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: