Presiden Jokowi dan Xi Jinping Bakal Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kecepatannya 350 KM/Jam

Iqbal Dwi Purnama ยท Minggu, 16 Oktober 2022 - 16:03:00 WIB
Presiden Jokowi dan Xi Jinping Bakal Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kecepatannya 350 KM/Jam
Presiden Joko Widodo saat meninjau rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Foto: dok inews)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China, Xi Jinping, bakal melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dengan menggunakan kereta CIT (Comprehensive Inspection Train). 

Corporate Secretary KCIC (Kereta Cepat Indonesia-China), Rahadian Ratry, mengatakan Kereta CIT merupakan kereta inspeksi yang dapat dioperasikan dengan kecepatan tinggi hingga 350 km/jam.

Menurut dia, KCIC siap memfasilitasi uji coba KCJB yang akan dilakukan Presiden Jokowi dan Xi Jinping pada 16 November 2022 seiring perhelatan G20 Indonesia.  

"Untuk event G20, akan dilaksanakan Dynamic Test, dimana Presiden RI dan Presiden Tiongkok akan bersama-sama menggunakan Kereta CIT," ujar Rahadian saat dihubungi MNC Portal, Minggu (16/10/2022).

Kereta CIT (Comprehensive Inspection Train) merupakan kereta inspeksi untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Rangkaian kereta ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan uji coba dan perawatan. Kereta inspeksi ini sebelumnya sudah dirancang untuk membaca kondisi lintasan, pengukuran aliran listrik atas atau Overhead Contact System (OCS).

Selain itu, kereta CIT juga memiliki fungsi untuk melakukan pengujian dan pemeriksaan jaringan komunikasi, dinamika dan integrasi rel-roda dalam kecepatan tinggi hingga 350 kilometer per jam, serta sistem sinyal.

Rahadian mengungkapkan, sejauh ini progres proyek KCJB sudah mencapai 88 persen dan ditargetkan akan dioperasikan secara komersil pada pertengahan tahun 2023. 

"Progres sudah 88 persen dan target dikomersialkan pada Medio 2023," pungkas Rahadian.

Sebelumnya Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan sempat menyebutkan proyek kereta cepat Jakata-Bandung (KCJB) siap diuji coba oleh Presiden RI Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping pada 16 November mendatang.

Adapun proyek ini mempunyai nilai investasi sebesar Rp85,41 tirliun hasil dari Kerjasama pemerintah Indonesia dan China. Proyek tersebut masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang memiliki panjang trase 142,3 km, dengan tipe struktur elevated sepanjang 82,7 km dan sisanya berupa 13 tunnel dan subgrade.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda