Profesi Account Executive (AE): Definisi, Jenjang Karir dan Gaji

Jeanny Aipassa ยท Sabtu, 14 Mei 2022 - 21:33:00 WIB
 Profesi Account Executive (AE): Definisi, Jenjang Karir dan Gaji
Ilustrasi Account Executive atau AE. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Profesi account executive (AE) atau eksekutif akun membutuhkan keahlian khusus, terutama kemampuan komunikasi. Pasalnya, seorang account executive lebih banyak bertugas menjalin hubungan baik dengan klien dari perusahaan tempatnya bekerja. 

Secara umum, Account executive merupakan profesi yang mirip dengan sales. Bedanya, Account Executive bertanggung jawab untuk mengelola hubungan bisnis dengan klien, bukan menjual produk perusahaan seperti yang dilakukan sales. 

Berikut ini, penjelasan mengenai definisi, jenjang karier, hingga gaji account executive, yang patut kamu simak jika tertarik untuk menekuni profesi ini. 

1. Definisi Account Executive (AE)

Pada dasarnya Account Executive atau AE adalah orang yang bertanggung jawab dalam mencari dan menjaga hubungan bisnis dengan klien perusahaan. 

Tugas utama dari AE adalah melakukan negosiasi, menjaga hubungan baik dengan klien atau vendor, memproyeksi ancaman risiko, menjaga pertumbuhan bisnis dari klien/vendor, dan menjaga kepuasan klien. 

Pekerjaan sebagai seorang account executive biasanya dilakukan di industri iklan, public relations, hingga industri jasa keuangan. Namun demikian, sebenarnya profesi account executive juga dibutuhkan oleh industri lain seperti industri media, hingga jasa layanan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) kumputer.  

Hubungan seorang account executive dengan klien biasanya dilakukan di awal negosiasi bisnis dilakukan. Setelah melakukan pitching dan negosiasi, seorang account executive juga bertanggung jawab untuk memenuhi beragam syarat dalam kontrak untuk menjaga kepuasan klien. 

Berdasarkan tugas tersebut, biasanya seorang account executive memiliki latar belakang pendidikan bisnis administrasi, komunikasi, dan marketing/pemasaran.

2. Jenjang Karier Account Executive (AE)

Di awal karier, seorang account executive menduduki posisi junior account executive. Di posisi ini, kamu akan mempelajari ilmu marketing, sales, bisnis, menyusun laporan, hingga mempelajari cara berkomunikasi yang baik. 

Selanjutnya, kamu bisa naik posisi menjadi seorang senior account executive bila kemampuan anda di bidang marketing, sales, bisnis, menyusun laporan hingga berkomunikasi terus meningkat.

Berikut jenjang karier dan tugas account executive: 

- Junior Account executive, merupakan pemula yang belum berpengalaman dan belum banyak memegang klien. Biasanya AE junior tidak bergerak sendiri namun didampingi AE senior.

- Senior Account executive, biasanya memiliki pengalaman 4-5 tahun dan memegang beberapa klien. Senior AE juga bertugas mengarahkan junior AE atau sales.

- Account Manager, yang bertugas mengatur para AE bekerja dan mencari klien.

3. Gaji Account Executive (AE) 

Besaran gaji seorang account executive sangat beragam. Dikutip dari Glassdoor, besaran gaji seorang account executive di Jakarta berkisar antara Rp6 juta sampai Rp10 juta. 

Untuk level junior executive account gajinya sekitar Rp6 juta, senior executive account di kisaran Rp9 juta, dan account manager sebesar Rp10 juta.

Namun selain gaji, seorang account executive biasanya mendapat bonus tertentu yang jumlahnya bahkan lebih tinggi dari gaji, jika berhasil melakukan negosisasi dengan klien atau vendor, bahkan menjaga agar klien tetap berbisnis dengan perusahaannya. 

Demikian Profesi account executive (AE), dilihat dari definisi, jenjang karier dan gaji. Semoga bermanfaat!

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: