Program Solusi Nelayan Diresmikan, Kini Bisa Beli Solar Rp6.800 per Liter

Antara ยท Sabtu, 17 September 2022 - 22:32:00 WIB
Program Solusi Nelayan Diresmikan, Kini Bisa Beli Solar Rp6.800 per Liter
Menteri BUMN Erick Thohir dan MenkopUKM Teten Masduki meresmikan Inisiasi Program Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA)

CILACAP, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki meresmikan Inisiasi Program Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah sekaligus menjadi salah satu lokasi proyek percontohan. Peresmian dipusatkan di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) nelayan yang dikelola Koperasi Unit Desa (KUD) Mino Saroyo

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauan dan kelautan yang luar biasa. Dia menyebut, kesejahteraan nelayan harus menjadi bagian penting dari program pemerintah, salah satunya Program Solusi Nelayan yang masih ditujukan untuk memberikan kemudahan akses BBM bagi nelayan.

Menurut dia, hal itu disebabkan nelayan selama ini mungkin masih mendapatkan BBM dengan harga Rp7.000 hingga Rp10.000 per liter

"Hari ini, kita pastikan harganya (Solar) Rp6.800/ per iter. Memang Cilacap sebagai pilot project, nanti Insya Allah kita akan kembangkan di beberapa daerah lain," ujar Erick usai peresmian Program Solusi Nelayan dikutip dari Antara, Sabtu (17/9/2022).

Erick menambahkan, pihaknya bersama KemenkopUKM memastikan koperasi menjadi ujung tombak agar BBM bersubsidi tepat sasaran. Menurutnya, dengan koperasi, berarti ada nama dan alamat serta ada sistem digitalnya.

"Jadi misalnya kalau ada yang membawa jeriken, enggak ada masalah, karena sudah ada datanya, barcode-nya, jadi kelihatan. Nah, ini yang kita jaga," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda