Protes Serangan ke Ukraina, Toko dan Bar di AS Juga Kanada Buang Stok Vodka Rusia

Jeanny Aipassa ยท Minggu, 27 Februari 2022 - 18:10:00 WIB
Protes Serangan ke Ukraina, Toko dan Bar di AS Juga Kanada Buang Stok Vodka Rusia
Vodka, minuman keras khas Rusia. (Foto: Istimewa)

NEW YORK, iNews.id - Toko minuman keras dan bar di Amerika Serikat (AS) dan Kanada membuang stok vodka Rusia sebagai protes atas serangan yang dilakukan negara itu ke Ukraina.

Di AS, beberapa toko minuman dan bar di negara bagian, seperti Kansas, Oregon, dan Michigan, menyerukan pemboikotan terhadap Vodka yang merupakan minuman keras khas Rusia.

Toko minuman Jacob Liquor Exchange di Wichita, Kansas, memutuskan untuk mengeluarkan lebih dari 100 botol vodka Rusia dari rak dan menuangkan isinya ke tanah.

“Saya pikir seluruh dunia sekarang tahu bahwa Rusia berperang dengan Ukraina tanpa alasan yang jelas. Saya kira ini adalah sanksi kami … dan ini mungkin kecil, tetapi setiap hal kecil membuat perbedaan,” kata Jamie Stratton, direktur anggur dan mitra Jacob Liquor Exchange, seperti dikutip New York Post, Sabtu (26/2/2022). 

Di Oregon, pemilik bar Pine Tavern mengambil video dirinya sendiri yang sedang membuang stok vodka Rusia sebagai bentuk protes atas invasi Rusia ke Ukraina

“Rusia bertindak seolah-olah ini Tahun 1939 dan pergi dengan kekuatan penuh yang mereka miliki di Ukraina. Saya sangat khawatir tentang hal itu akan menyebar ke negara lain," kata Bill McCormick, pemilik Pine Tavern, seperti ditayangkan saluran Fox TV. 

Tindakan yang sama juga dilakukan Bob Quay, pemilik Bob's Bar di Grand Rapids, Michigan. Dia menarik beberapa botol stok vodka Rusia dari rak barnya dan membuang isinya sebagai protes terhadap agresi Rusia ke Ukraina.

Sementara di Kanada, hampir seluruh negara bagian atau provinsi menyerukan toko minuman dan bar menarik stok vodka Rusia dan minuman alkohol produksi Rusia lainnya.

Di Ontario, Kanada, Menteri Keuangan, Peter Bethlenfalvy, mengarahkan Dewan Pengawas Minuman Keras provinsi agar toko-toko mengeluarkan vodka Rusia dan produk alkohol lainnya.

Peter Bethlenfalvy mengatakan vodka dan seluruh produk minuman keras buatan Rusia akan dihapus dari hampir 700 toko di seluruh provinsi Ontario. 

"Ontario bergabung dengan sekutu Kanada dalam mengutuk tindakan agresi pemerintah Rusia terhadap rakyat Ukraina dan kami sangat mendukung upaya pemerintah federal untuk memberikan sanksi kepada pemerintah Rusia. Kami akan terus berada di sana untuk rakyat Ukraina selama masa yang sangat sulit ini," kata Peter Bethlenfalvy, seperti dikutip Canadian Press.

Di tempat lain di Kanada, toko-toko minuman dan ritel di Manitoba, New Brunswick, British Columbia, dan Newfoundland juga melakukan tindakan serupa.

Tak hanya itu, sejumlah perusahaan ritel juga menghapus iklan vodka Rusia dan minuman keras produksi negara itu dari daftar produk yang ditampilkan di situs web mereka, seperti yang dilakukan Nova Scotia Liquor Corporation. 

"Kami menghapus seluruh produk (minuman keras) Rusia dari rak dan situs web karena peristiwa mengerikan yang terjadi," bunyi pengumuman Nova Scotia Liquor Corporation.

Provinsi British Columbia juga menyatakan akan menghentikan impor alkohol Rusia. “Provinsi kami mendukung mereka yang memahami perdamaian Eropa setelah dua perang dunia bergantung pada menghormati hukum internasional,” kata Wakil Perdana Menteri British Columbia, Mike Farnworth.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda