PT KAI Targetkan 12 Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tiba di RI Maret 2023

Heri Purnomo ยท Minggu, 27 November 2022 - 13:47:00 WIB
PT KAI Targetkan 12 Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tiba di RI Maret 2023
Ditargetkan 12 rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung tiba di Indonesia pada Maret 2023. (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bersama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus mempercepat pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Saat ini, progress pembangunan proyek tersebut secara keseluruhan mencapai 88,8 persen dan diharapkan operasionalnya dapat dilakukan pada Juni 2023 mendatang.

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, perihal kesiapan sarana, saat ini tiga rangkaian kereta cepat sudah tiba di Depo Tegalluar, di antaranya dua rangkaian Electric Multiple Unit dan satu rangkaian Comprehensive Inspection Train. Ditargetkan keseluruhan rangkaian tiba di Indonesia pada Maret 2023.

"Adapun total keseluruhan mencapai 12 rangkaian ditargetkan akan tiba di Indonesia pada Maret 2023," ujar Didiek dikutip dari laman resmi PT KAI, Minggu (27/11/2022).

Terkait kesiapan prasarana, saat ini tengah  dikerjakan pemasangan rel kereta api dari arah Bandung menuju Jakarta. Kemudian, penyelesaian pemasangan girder box atau gelagar hingga pembangunan subgrade. Overhead Catenary System (OCS) atau peralatan listrik aliran atas juga sudah mulai terpasang.

Kemudian, KAI juga tengah menyelesaikan LRT Jabodebek yang nantinya akan terkoneksi dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung di kawasan Halim Perdanakusuma. 

"Selanjutnya LRT Jabodebek juga akan terintegrasi dengan berbagai moda transportasi lainnya seperti Commuter Line dan bus," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda