Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tiba di Indonesia Bulan Depan

Suparjo Ramalan ยท Rabu, 24 Agustus 2022 - 19:56:00 WIB
Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tiba di Indonesia Bulan Depan
Pemerintah menargetkan kedatangan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ke Indonesia pada bulan September mendatang. (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menargetkan kedatangan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ke Indonesia pada bulan September mendatang. Hal tersebut turut dibahas dalam Rapat Terbatas (Ratas) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, setelah rangkaian kereta cepat tiba di Indonesia, pemerintah segera melakukan uji coba. Selanjutnya, pada Juni 2023, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan beroperasi. 

"Kereta cepat kita sampaikan Insya Allah bulan September, kita akan kedatangan kereta cepatnya, dan kita akan terus uji coba dan Insya Allah di tahun depan bulan Juni sudah mulai bisa operasi," ujar Erick dalam konferensi pers virtual di Istana Negara, Rabu (24/8/2022). 

Selain KCJB, pemerintah juga tengah menggodok bisnis transportasi lain yang dibahas saat rapat terbatas, dua diantaranya adalah Light Rail Transit (LRT) dan Moda Raya Terpadu (MRT). Erick menyebut kedua moda transportasi ini akan diperluas hingga ke Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. 

Khusus MRT, lanjut dia, pemerintah menggandeng investor asal Jepang untuk memberikan bantuan pendanaan. Hal ini sesuai dengan kunjungan Presiden ke negara Sakura beberapa waktu lalu. 

"Kita tahu bagaimana LRT ini sekarang ditambah, tentu kereta api luar yang sudah dibangun oleh KAI, ditambah MRT yang kemarin juga bapak Presiden menyampaikan Jepang komit membantu, dalam arti pendanaan dan pembangunan MRT secara berkelanjutan, hasil pertemuan Bapak Presiden dengan PM Jepang, ini menjadi sebuah ekosistem menjadi satu kesatuan," ucap Erick.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda