Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Ini Penampakannya

Heri Purnomo ยท Jumat, 02 September 2022 - 17:34:00 WIB
Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Ini Penampakannya
Kapal Kargo Cosco Shipping yang membawa rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari kereta itu dikirim langsung dari pabriknya di CRRC Sifang, Qingdao, Provinsi Shandong, China, tiba di Pelabuhan Tanjung Priok. (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Rangkain Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akhirnya tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Kamis (1/9/2022) malam. Adapun rangkain kereta itu dikirim langsung dari pabriknya di CRRC Sifang, Qingdao, Provinsi Shandong, China, pada 21 Agustus 2022.

"Finally, rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta," dikutip dari akun Twitter @KeretaCepatID, Jumat (2/9/2022). 

Penampakan rangkaian kereta cepat itu, terlihat dari video singkat yang diunggah di akun Instagram resmi PT KCIC, @keretacepat_id, pada Jumat (2/09/2022). Dalam video tersebut ditayangkan pembukaan palka kapal kargo yang membawa rangkaian kereta cepat saat tiba di Pelabuhan Tanjung Priok. 

Dijelaskan bahwa rangkaian kereta Electric Multiple Unit (EMU) merupakan kereta inspeksi atau Comprehensive Inspection Train (CIT). Gambaran rangkaian kereta terlihat utuh memanjang sepanjang badan kapal kargo tersebut.

"Rasa senang dan bangga bercampur aduk dengan datangnya rangkaian kereta. Indonesia bangga karena menjadi negara pertama yang memiliki kereta api cepat di Asia Tenggara," isi caption akun instagram KCIC.

Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang terlihat utuh saat pembukaan palka kapal kargo yang membawanya dari China ke Pelabuhan Tanjung Priok. (Foto: tangkapan layar)
Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang terlihat utuh saat pembukaan palka kapal kargo yang membawanya dari China ke Pelabuhan Tanjung Priok. (Foto: tangkapan layar)

Adapaun berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan KCIC, pengiriman rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung ke Pelabuhan Tanjung Priok dilakukan secara bertahap yang terbagi menjadi 4 tahap. 

Tahap pertama,  akan ada pengiriman  1 Trainset EMU + 1 trainset CIT yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 2 September 2022, kemudian dilanjutkan dengan 1 Trainset EMU pada 4 September 2022.

Tahap kedua,  akan ada pengiriman  3 Trainset EMU yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 25 Desember 2022.

Tahap ketiga, akan ada pengiriman 3 Trainset EMU yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 25 Februari 2023.

Tahap ke empat, akan ada pengiriman 3 Trainset EMU yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 15 Maret 2023.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda