Resmikan Jakarta Fashion Hub, Sandiaga Uno Harap Jakarta Jadi Sentra Fashion Tanah Air

Suparjo Ramalan · Minggu, 05 Desember 2021 - 09:05:00 WIB
Resmikan Jakarta Fashion Hub, Sandiaga Uno Harap Jakarta Jadi Sentra Fashion Tanah Air
Resmikan Jakarta Fashion Hub, Menparekraf Sandiaga Uno harap Jakarta jadi sentra fashion tanah air. Foto: Kemenparekraf

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meresmikan Jakarta Fashion Hub (JFH) di Jalan Teluk Betung no 33, Kebon Melati, Jakarta Pusat. Dia berharap JFH dapat memperkuat DKI Jakarta sebagai sentra fesyen Tanah Air.

Jakarta Fashion Hub adalah co-working space yang diinisiasi Asia Pacific Rayon (APR) dan ditujukan kepada para fashion enthusiast yang ingin menyalurkan passion, berkarya, hingga memulai fashion brand sendiri. Keberadaan Jakarta Fashion Hub diharapkan dapat mendorong munculnya fashionpreneur dan creativepreneur baru yang dapat mendorong pengembangan industri fashion dan tekstil dalam negeri. 

Sandiaga mengatakan, pemerintah akan merancang ekosistem bisnis untuk industri fashion yang menyambungkan rantai suplai dari hulu hingga hilir. Ekosistem itu melibatkan para desainer, produksi, hingga akses terhadap materialnya.  
 
“Jakarta Fashion Hub ini menjadi community space bagi kalangan industri fashion. Kehadiran JFH sendiri diharapkan mampu mendorong industri fashion lokal, di mana Jakarta yang menjadi ibu kota mampu menjadi sentra fashion di Tanah Air,” kata dia usai meresmikan JFH di Jakarta, Sabtu (4/12/2021).
 
Sandiaga menjelaskan, terdapat 17 sub sektor ekonomi kreatif yang total menyumbang Rp1.100 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia sepanjang 2020. Dari 17 subsektor tersebut, terdapat tiga subsektor menjadi penyumbang terbesar struktur PDB dan ekspor yaitu fashion, kuliner dan kriya. 
 
Dia menuturkan, potensi industri fashion Indonesia adalah adanya sumber daya manusia yang banyak dapat meningkatkan jumlah produksi. Kekayaan alam dan budaya Indonesia yang luas memungkinkan diversifikasi karya yang beragam, namun memiliki nilai dan cerita tersendiri seperti pada corak wastra nusantara dan jumlah konsumen potensial yang meningkat hingga 300 persen walaupun pandemi. 

"Peluang yang besar bisa didapatkan walaupun hanya berbisnis di dalam negeri,” ujarnya.
 
Melalui dukungan yang diinisiasi Asia Pacific Rayon (APR), Sandiaga berharap Jakarta Fashion Hub diharapkan dapat memperkuat penciptaan karya fashion nasional agar semakin lebih baik dan memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat lokal dan karya Indonesia semakin siap bersaing mendunia. 
 
“Besar harapan saya agar acara ini dapat memberikan inovasi dan pandangan bagi para pelaku ekonomi kreatif, dan semoga segala kemudahan ini bisa meningkatkan semangat berkontribusi untuk membangkitkan ekonomi kreatif Indonesia,” tuturnya.
 
Saat persemian JFH, hadir bersama Menparekraf, Managing Director of Royal Golden Eagle Group, Andersen Tanoto; President of Royal Golden Eagle Indonesia, Irsan Syarief; Director Asia Pacific Rayon, Basrie Kamba; Ketua Umum Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filament, Ravi Shankar; Ketua Umum Indonesia Fashion Chambers, Ali Charisma; serta Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf Yuke, Sri Rahayu.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: