Menparekraf Sandiaga Ungkap Industri Fashion Salah Satu Tulang Punggung Ekonomi Kreatif Indonesia 

Rizky Pradita Ananda · Selasa, 30 November 2021 - 20:43:00 WIB
Menparekraf Sandiaga Ungkap Industri Fashion Salah Satu Tulang Punggung Ekonomi Kreatif Indonesia 
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan industri fashion adalah salah satu tulang punggung. (foto: dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Sebagian orang mungkin beranggapan jika industri fashion hanyalah sektor industri yang penuh dengan gemerlap dan glamor semata. Jangan salah, industri fashion yang masuk dalam sektor ekonomi kreatif nyatanya berkontribusi nyata pada negara. 

Seperti yang disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, bahwa industri fashion Tanah Air adalah salah satu tulang punggung sektor ekonomi kreatif. 

“Sektor ekonomi kreatif adalah sektor ekonomi baru, melalui ekosistem yang kuat dan berkelanjutan yang berkontribusi terhadap agenda sustainability development  goals (SDGs) 2030. Fashion adalah salah satu tulang punggung  sektor industri ekonomi kreatif. Kontribusinya hampir 20 persen terhadap sektor industri ekonomi kreatif,” papar Menteri Sandiaga Uno, dalam sambutannya di acara Indonesia Modest Fashion Week World Conference, di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat, Selasa (30/11/2021). 

Menparekraf Sandi melanjutkan, dengan demografi populasi penduduk Muslim terbesar di dunia. Sebenarnya market Indonesia di bidang fesyen modest, sangat menjanjikan. Tak heran, menurut laporan Global Islamic Economy 2020/2021, Indonesia masuk ke dalam lima besar konsumen fesyen terbesar di dunia.

“Umat Muslim di seluruh dunia itu tercatat menghabiskan USD277miliar untuk pakaian, dengan proyeksi mencapai USD331miliar pada 2024. Dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia itu adalah pasar  yang menguntungkan bagi fashion mode,” imbuhnya. 

Sayangnya memang, situasi pandemi juga ikut memberikan dampak bagi semua sektor, termasuk geliat ekonomi industri modest fashion. Maka dari itu, pemerintah mencoba membantu para pelaku ekonomi kreatif yang terdampak ini dengan berbagai program bantuan. 

“Covid-19 telah melumpuhkan dunia global, hampir setiap sektor. Termasuk fashion modest, banyak usaha kecil terpaksa tutup dan beberapa tutup permanen. Maka dari itu, pemerintah menyediakan berbagai inisiatif untuk mendukung industri ini.  Di antaranya dengan kebijakan stimulus restrukturisasi kredit, dukungan pendanaan, dan transformasi digital bagi UMKM,” kata Sandiaga. 

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda