Restrukturisasi Utang Selesai, PTPN III Fokus Tingkatkan Kinerja

Suparjo Ramalan ยท Senin, 19 April 2021 - 20:15:00 WIB
Restrukturisasi Utang Selesai, PTPN III Fokus Tingkatkan Kinerja
PT Perkebunan Nusantara III (Persero) telah menuntaskan restrukturisasi utang perseroan sebesar Rp41 triliun. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III telah menuntaskan restrukturisasi utang sebesar Rp41 triliun. Nilai itu  berasal dari 50 kreditur, baik dalam maupun luar negeri. 

Kesepakatan restrukturisasi itu ditandai penandatanganan Intercreditor Agreement (ICA) dengan anggota kreditur Sindikasi USD dan SMBC Singapore selaku Agen. 

Direktur Utama PTPN III, M Abdul Ghani menyebut, perjanjian tersebut merupakan amandemen atas perjanjian perubahan induk (Master Amendment Agreement/MAA) yang telah ditandatangani perseroan dengan kreditur dalam negeri sejak 29 Januari-15 Maret 2021. Penandatanganan kini dilakukan secara sirkuler antara PTPN III dengan dari 18 kreditur pinjaman sindikasi USD serta SMBC Singapore selaku Agen Fasilitas. 

Fasilitas sindikasi USD dengan limit 390,6 juta dolar AS ini adalah bagian dari restrukturisasi kredit PTPN III selaku induk yang nilainya mencapai Rp45,3 triliun dengan utang perbankan Rp41 triliun.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh kreditur perseroan serta dukungan pemerintah. Penandatangan Perjanjian Amandemen Perjanjian Pinjaman Sindikasi USD ini merupakan bentuk kepercayaan kreditur sindikasi USD dalam mendukung upaya Transformasi PTPN Group," ujar Ghani, Senin (19/4/2021). 

Dia mengapresiasi kementerian BUMN atas kesepakatan ini. Dukungan dan atensi Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sangat penting dalam membantu BUMN melakukan perbaikan, termasuk restrukturisasi.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2