Ridwan Kamil Sebut KEK MNC Lido City Masa Depan Baru Ekonomi Jawa Barat

Anggie Ariesta · Rabu, 08 September 2021 - 12:52:00 WIB
 Ridwan Kamil Sebut KEK MNC Lido City Masa Depan Baru Ekonomi Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (ketiga kiri), saat menghadiri Groundbreaking Lido World Garden, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City milik PT MNC Land Tbk, di Lido, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/9/2021). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, menyebut Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City menjadi masa depan baru ekonomi di wilayah tersebut. 

Pernyataan itu, disampaikan Ridwan Kamil, saat menghadiri penyerahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 2021 tentang penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata MNC Lido City kepada PT MNC Land Tbk (KPIG), di Lido, Kabupaten Bogor, Jabar, Rabu (8/9/2021). 

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil mengatakan optimistis Pembangunan KEK MNC Lido City di lahan seluas 3.000 hektar itu, akan membangkitkan pariwisata dan menyerap ribuan tenaga kerja di wilayah Jabar. 

"Dengan kemudahan perizinan dalam investasi, Jawa Barat dengan bangga mendukung penuh KEK MNC Lido City. Di zaman (pemerintahan, red) saya, harus lahir ekonomi zone, hadirlah tim Pak Hary memproses itu, makanya salah satu yang saya dukung penuh KEK ini. Saya lobby juga ke pusat, KEK ini termasuk yang paling cepat," kata Ridwan Kamil, dalam sambutan saat Groundbreaking Lido World Garden, di KEK MNC Lido City, Kabupaten Bogor, Jabar, Rabu (8/9/2021).

Menurut dia, KEK MNC Lido City akan menjadi kawasan ekonomi pertama di Jawa Barat yang diperkirakan menghasilkan lebih dari Rp50 triliun perputaran ekonomi sebelum pandemi.

"Dengan bangga Jawa Barat punya the first KEK, saya bangga KEK nya pariwisata, Jawa Barat pariwisatanya hampir 50 juta wisatawan per tahun, Rp50 triliun perputaran. Jabar enggak ada theme park, saya kira itu akan luar biasa," ujar Ridwan Kamil.

Dia mengungkapkan, di tengah pandemi Covid-19, ekonomi Jabar bisa bertahan dan tumbuh 6,13 persen yoy. Ridwan Kamil juga membeberkan bahwa sudah tiga tahun berturut-turut Jabar meraup Rp70 triliun dan membawa 60.000 lapangan pekerjaan.

"Target kami bukan sebagai juara Indonesia, tapi bagaimana Jabar naik kelas sebagai pusat investasi se-Asean, salah satunya melalui pengembangan kawasan Rebana," ungkap Ridwan Kamil.

KEK MNC Lido City, landmark yang sepenuhnya dimiliki PT MNC Land Tbk (KPIG), adalah kota hiburan kelas dunia. KEK MNC Lido City dikelilingi oleh lebih dari 70 juta orang dan mudah diakses dengan jalan tol langsung dari Jakarta. 

Berada di antara 2 gunung indah, memiliki suhu yang menyenangkan 22-25˚C sepanjang tahun, karena lokasinya di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut. KEK MNC Lido City merupakan KEK Pariwisata terdekat dari Jakarta dan yang pertama di Jabodetabek.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda