Riset: Pendapatan Generasi Z Kalahkan Milenial pada 2031

Djairan ยท Sabtu, 21 November 2020 - 20:55 WIB
Riset: Pendapatan Generasi Z Kalahkan Milenial pada 2031

Bank of America menyatakan Generasi Z akan menjadi generasi yang paling disruptif yang pernah ada. (Foto: ilustrasi/CNBC)

NEW YORK, iNews.id - Bank of America menyatakan Generasi Z akan menjadi generasi yang paling disruptif yang pernah ada. Salah satu bank terbesar di AS tersebut memperkirakan pendapatan Generasi Z akan mengalahkan milenial pada 2031.

"Revolusi Generasi Z sudah dimulai. Sebagai generasi awal yang lahir di era digital, mereka memasuki dunia kerja dan memaksa generasi lain untuk mengikuti mereka dan bukan sebaliknya," kata Investment Strategis BofA Global Research, Haim Israel dalam laporannya dikutip dari CNBC, Sabtu (21/11/2020).

Lauma Timans-Kalns, Strategist Bank of America menjelaskan, laporan itu mengategorikan Generasi Z sebagai mereka yang lahir antara 1996 hingga 2016. Generasi tersebut akan menciptakan disrupsi terhadap sistem ekonomi, pasar, dan sosial.

Berdasarkan prediksi BoA, pendapatan Generasi Z bakal naik lima kali lipat pada 2030 menjadi 33 triliun dolar AS. Jumlah tersebut setara lebih dari seperempat pendapatan global sehingga melampaui pendapatan milenial pada 2031.

Tak hanya itu, mereka juga akan memperoleh 'transfer kekayaan yang luar biasa besar' dari generasi pendahulunya yaitu Baby Boomers dan Silent Generation yang saat ini memiliki kekayaan 78 triliun dolar AS.

9 dari 10 Generasi Z saat ini tinggal di negara berkembang. Sekitar 20 persen dari Generasi Z tinggal di India yang disebut Israel seabgai negara Gen Z. Peningkatan literasi, urbanisasi, dan pembangunan teknologi di India akan menjadi kunci kemajuan negara tersebut.

Selain India, Meksiko, Filipina, dan Thailand juga masuk daftar negara berkembang yang memiliki potensi untuk mengkapitalisasi revolusi Gen Z.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua