Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Toko Branded di Plaza Senayan Kembali Pajang Barang usai Sempat Dikosongkan
Advertisement . Scroll to see content

Ritel-ritel Mini Mulai Bermunculan di Pemukiman Sejak Pandemi

Kamis, 10 Februari 2022 - 14:42:00 WIB
Ritel-ritel Mini Mulai Bermunculan di Pemukiman Sejak Pandemi
Hippindo menyebut ritel-ritel mini mulai bermunculan di pemukiman penduduk semenjak Indonesia dilanda pandemi Covid-19. (foto: Ilustrasi/Istimewa)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan (Hippindo) menyebut ritel-ritel mini mulai bermunculan di pemukiman penduduk semenjak Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Staf Ahli Hippindo Yongky Susilo menyebut, kebijakan PPKM pada tahun pertama pandemi membuat kebiasaan belanja konsumen berubah. 

"Kebijakan PPKM pada tahun pertama pandemi membuat konsumen tidak keluar rumah dan mulai bergeser melakukan belanja secara online atau membeli kebutuhan sehari-hari di toko terdekat. Alhasil ritel yang mengusung ukuran yang kecil dan lebih dekat dengan pemukiman penduduk justru semakin bertumbuh," ujar Yongky dalam webinar Indonesia Industry Outlook 2022, dikutip Kamis (10/2/2022).

Yongky menambahkan, berdasarkan hasil survei Inventure-Alvara, semua retail akan berlomba-lomba membuka toko sedekat mungkin dengan konsumen. 

"Sebanyak 86,4 persen responden mengatakan berbelanja di toko terdekat tetap menjadi prioritas utama dalam memilih tempat berbelanja," kata dia.

Temuan ini semakin diperkuat dengan hasil riset Inventure-Alvara yang lain yaitu sebanyak 76,5 persen responden lebih memilih store yang lebih dekat dengan tempat tinggal meskipun koleksi produk tidak lengkap dibanding dengan main store. 

"Intinya kalau terkait poximity itu memang sudah ada dari dulu, semua store akan ke arah sana, berlomba-lomba dekat dengan pemukiman. Sedangkan ke depannya, aktivitas berbelanja secara offline akan kembali normal," ucapnya.

Yongky menyebut, meski toko-toko kebutuhan rumah tangga mulai berjamuran di platform online, namun beberlanja secara langsung dalam hal ini ke toko ritel yang dekat dengan rumah, tetap menjadi pilihan masyarakat.

"Secara keseluruhan konsumen akan kembali berbelanja secara langsung, karena kalau datang langsung belanjanya akan lebih banyak. Maka pelaku ritel perlu fokus pada aktivitas offline. Fokus pada inovasi lapangan jangan cuma ke digital,” tuturnya.

Editor: Aditya Pratama

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut