Rusia Hentikan Pasokan Gas ke Finlandia Mulai Hari Ini

Jeanny Aipassa ยท Sabtu, 21 Mei 2022 - 12:56:00 WIB
Rusia Hentikan Pasokan Gas ke Finlandia Mulai Hari Ini
Ilustrasi pasokan gas Rusia untuk Uni Eropa. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Rusia menghentikan pasokan gas alam ke Finlandia mulai hari ini, Sabtu (21/5/2022). Langkah itu dilakukan setelah Finlandia resmi mengajukan keanggotaan NATO pada pekan lalu dan menolak membayar pembelian gas Rusia dengan menggunakan mata uang rubel. 

Finlandia adalah negara terbaru yang kehilangan pasokan energi, yakni gas alam dari Rusia, yang digunakan untuk menghasilkan listrik bagi rumah tangga dan dan industri. 

Sebelumnya, Rusia telah memutus pasokan gas alam ke Polandia dan Bulgaria pada akhir April 2022. Kedua negara sedang berusaha mendapatkan pasokan gas dari negara lain.

Finlandia menolak sistem pembayaran baru yang ditetapkan Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang mengatakan bahwa "pembeli asing yang tidak bersahabat" dalam hal ini negara-negara Barat yang telah menjatuhkan sanksi ke Rusia terkait invasi ke Ukraina, harus membuka dua rekening di Gazprombank untuk membayar transaksi pembelian minyak dan gas. 

Gazprombank adalah bank milik negara yang ditugaskan menangani transaksi pembayaran minyak dan gas Rusia. Ada dua rekening yang harus dibuka pembeli asing yang tidak bersahabat, yaitu satu untuk membayar dalam euro dan dolar sebagaimana ditentukan dalam kontrak, dan satu lagi dalam rubel. 

Menanggapi ketentuan tersebut, Komisi Eropa mengizinkan perusahaan membeli gas Rusia dan melakukan transaksi sesuai kontrak, namun menolak pembukaan rekening dalam rubel karena dinilai melanggar sanksi Barat ke Rusia.

Keputusan Komisi Eropa itu, ditanggapi perusahaan energi Italia, ENI, dengan mengatakan bahwa sedang dalam penjajakan untuk membuka akun euro dan rubel Gazprombank.

Namun Finlandia menolak ketentuan baru tersebut. Perusahaan energi Finlandia, Gasum, mengatakan pasokan gas dari Rusia akan dihentikan mulai Sabtu (21/5/2022).

CEO Gasum, Mika Wiljanen, menyebut penghentian pasokan gas Rusia itu "sangat disesalkan. Namun dia memastikan perseroan masih dapat memasok semua pelanggan dalam beberapa bulan mendatang. 

Gas alam Finlandia hanya menyumbang 6 persen dari total konsumsi energi negara itu pada tahun 2020. Hampir semua gas yang dikonsumsi Finlandia berasal dari Rusia. 

Itu artinya, pasokan gas Rusia untuk Finlandia lebih besar jika dibandingkan dengan importir besar seperti Italia dan Jerman, yang masing-masing mendapatkan 40 persen dan 35 persen gas dari Rusia.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: