Saksikan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung, Ini Komentar Jokowi dan Xi Jinping

Jeanny Aipassa ยท Rabu, 16 November 2022 - 18:01:00 WIB
Saksikan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung, Ini Komentar Jokowi dan Xi Jinping
Presiden Joko Widodo dan Presiden China, Xi Jinping, menyaksikan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung, dari Stasiun Tegalluar, Bandung, secara virtual, Rabu (16/11/2022). (Foto: tangkapan layar)

BALI, iNews.id - Presiden Joko Widodo dan Presiden China, Xi Jinping, menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) secara virtual, pada Rabu (16/11/2022), pukul 17.05 WIB. 

Dalam siaran uji coba tersebut, kedua pemimpin negara duduk berdampingan sambil menyaksikan kereta inspeksi yang dioperasikan oleh masinis, dari Stasiun Tegalluar, Bandung. 

Sebelum uji coba dilakukan, 2 masinis dari Indonesia dan China melaporkan bahwa mereka siap melakukan uji coba KCJB dan meminta persetujuan kedua kepala negara. 

Dengan tersenyum, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping memberi komentar singkat. Jokowi mengatakan, "Laksanakan." Sedangkan Xi Jinping memberi jawaban Xie xie yang berarti terima kasih. 

Kedua masinis pun memasuki lokomotif kereta inspeksi yang berwarna oranye-silver. Tayangan menunjukkan kereta bergerak baik dari sisi depan, kiri, kanan dan dalam kereta.  

Uji coba berlangsung lancar dan kedua pemimpin negara terlihat puas menyaksikan perjalanan kereta tersebut sambil memberi tepukan tangan. 

Tayangan uji coba kereta hanya berlangsung sekitar 2 menit, selanjutnya kedua pemimpin negara menyaksikan video kerja sama Indonesia-China. 

Sebelumnya dalam sambutan, Menteri Koordiator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan progres pembangunan KCJB sudah mencapai 80,40 persen. 

"Kami bertekad untuk menyelesaikan proyek ini pada pertengahan tahun depan. Ini harus jadi dan tidak boleh mundur," kata Menko Luhut.

Dia menjelaskan, KCJB adalah salah satu proyek utama yang menjadi landmark kerja sama Indonesia dan China. Untuk itu, pemerintah Indonesia berkomitmen penuh mendukung proyek ini, baik dalam bentuk kebijakan maupun finansial seusai peraturan di Indonesia. 

Menko Luhut juga mengatakan, KCJB telah menjadi batu loncatan untuk proyek-proyek kerja sama Indonesia dengan China, seperti di kawasan industri Morowali, wedabei, kawasan industri hijau kalimatan utara,serta beberapa proyek lain yang akan berdampak sangat signifikan terhadap pembangunan di Indonesia. 

Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Menutup sambutannya, Menko Luhut menyampaikan undangan kepada Presiden Xi Jinping untuk menghadiri peresmian KCJB pada pertengahan 2023. 

"Kami berharap Presiden Xi Jinping bisa menghadiri peresmian operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung tahun depan bersama-sama dengan Presiden Jokowi," kata Luhut.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda