Saling Melengkapi, Media Digital dan Konvensional Digemari
“Durasi menghabiskan waktu di media digital pun meningkat dalam tiga tahun terakhir, dari 1 jam 52 menit (2014) menjadi 3 jam 8 menit (2017). Sementara itu, durasi mengkonsumsi media konvensional lainnya tidak mengalami banyak perubahan,” katanya.
Hellen menyebut, meningkatnya perkembangan media digital ini mendorong para pelaku industri untuk menggencarkan strategi bahkan promosinya ke media digital. Sekalipun banyak pelaku industri yang mulai mengembangkan strateginya ke media digital, namun beriklan di media digital tidak semudah di media konvensional karena media digital memiliki berbagai macam pengukuran dalam menjangkau khalayak seperti cost per click (CPC), cost per thousand impressions (CPM), cost per download (CPD), dan lain-lain.
Riset Nielsen tersebut menggunakan data mengenai konsumen diambil dari hasil survey Nielsen Consumer Media View yang dilakukan secara reguler. Survey dilakukan di 11 kota di Indonesia dengan jumlah responden sebanyak 16,000 orang.
Editor: Rahmat Fiansyah