Sandiaga Uno Beberkan Efek World Superbike ke Ekonomi Lombok

Athika Rahma ยท Senin, 29 November 2021 - 15:03:00 WIB
Sandiaga Uno Beberkan Efek World Superbike ke Ekonomi Lombok
Menparekraf Sandiaga Uno beberkan efek World Superbike ke ekonomi Lombok. (Foto: IG)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, ekonomi Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) meningkat pesat selama gelaran World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, beberapa waktu lalu. 

Ini terlihat dari tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lombok Tengah selama gelaran WSBK. Tambahan PAD tersebut berasal dari pajak hiburan, pajak parkir, serta pajak restoran dan hotel.

"Pemkab Lombok Tengah menyatakan perolehan tambahan PAD dari pajak hiburan 15 persen, pajak parkir 30 persen, dan pajak restoran dan hotel 15 persen," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (29/11/2021).

Selain itu, ada peningkatan okupansi hotel yang tadinya hanya 15 persen menjadi 95 persen. Omzet bisnis hotel juga meningkat dari 15 persen menjadi 85 persen. Ini dikarenakan jumlah wisatawan yang melonjak signifikan di masa gelaran WSBK.

Tercatat pergerakan penumpang di Bandara Internasional Lombok meningkat 50 persen dari 3.800 orang menjadi 5.700 orang per hari.

Ketiga, bisnis penyewaan jasa transportasi juga ketiban untung karena suksesnya WSBK. Omzet bisnis yang tadinya Rp10-15 juta per bulan meroket hampir Rp70 juta per bulan.

"Lalu, WSBK dan Asian Talent Cup ini merekrut 1.475 tenaga kerja dari NTB, termasuk penduduk dari 6 desa penyangga di sekitar Mandalika. Mereka bertugas sebagai marshal, Covid-19 safety, kru medis, kru event, crowd control, dokumentasi, kebersihan, tiket, transportasi, sampai pengelola sampah," tutur Sandiaga Uno.

Menurutnya, keberhasilan penyelenggaraan WSBK harus diapresiasi. Selain itu, juga dijadikan bahan evaluasi agar event mendatang bisa digelar lebih baik lagi.

"Keberhasilan ini dapat menjadi refleksi dan dasar bagi kita untuk mempersiapkan diri jelang Moto GP 2022 serta jika ada hal-hal yang jadi kekurangan bisa kita perbaiki di masa mendatang," ucapnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: