Satgas Pangan Sebut Ada BUMN yang Bikin Harga Gula Mahal

Muhammad Aulia ยท Selasa, 28 April 2020 - 14:56:00 WIB
Satgas Pangan Sebut Ada BUMN yang Bikin Harga Gula Mahal
Gula. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri menemukan adanya BUMN yang melakukan lelang gula yang tidak sesuai aturan. Hal ini membuat harga gula di pasaran menembus Rp17.000 per kilogram.

Ketua Satgas Pangan Brigjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mengatakan, lelang gula tersebut dilakukan PTPN II (Persero) yang beroperasi di Sumatra Utara. Lelang gula dijual di atas harga eceran tertinggi (HET).

“Satgas Pangan sudah melakukan penindakan di Sumatera Utara atas tindakan PTPN II yang melakukan lelang produk gula sebesar Rp12.900, bervariasi ya. Sempat kami lakukan police line (garis polisi),” ujarnya saat konferensi pers virtual, Selasa (28/4/2020).

Daniel mengatakan Satgas Pangan berupaya memastikan harga gula ketika sampai di masyarakat tetap Rp12.500 per kg sesuai HET. Dia mengimbau agar pelaku usaha mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Menteri Perdagangan Agus Agus Suparmanto mengatakan kegiatan lelang yang tidak sesuai dengan ketetapan pemerintah berimbas pada melonjaknya harga gula hingga mencapai Rp17 ribu per kg. Dia meminta agar kegiatan pelelangan produk gula sesuai ketetapan pemerintah.

“Satgas Pangan ada penemuan pelelangan Rp12.900 per kg, sehingga menimbulkan harga ke distributor Rp15.000 per kg dan agen lebih dari Rp15.000 per kg, ujungnya di pasaran Rp17.000 per kg," tutur Agus.

Editor : Rahmat Fiansyah