Sejak Januari 2021, Kekayaan Pemilik Walmart Bertambah 2,1 Miliar Dolar AS

Jeanny Aipassa ยท Selasa, 15 Juni 2021 - 05:05:00 WIB
Sejak Januari 2021, Kekayaan Pemilik Walmart Bertambah 2,1 Miliar Dolar AS
Keluarga Walton, pemilik Walmart Inc, dari kiri ke kanan: Jim Walton, Alice Walton, Lynne McNabb Walton istri Jim Walton, Melani Lowman Walton istri Rob Walton, dan Rob Walton.

NEW YORK, iNews.id - Kekayaan keluarga Walton, pemilik jaringan perusahaan ritel Walmart Inc, bertambah hampir 2,1 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp29,934 triliun, sejak Januari 2021. 

Pertambahan kekayaan tersebut didapat dari hasil penjualan saham keluarga Walton di Walmart Inc, perusahaan yang mengoperasikan jaringan department store terbesar di AS dan dunia.

Bloomberg melaporkan anggota keluarga Walton telah menjual 16,7 juta saham Walmart Inc sejak awal tahun ini, karena ingin menjaga agar saham mereka tidak menggelembung di tengah aksi pembelian kembali (buyback) saham perusahaan ritel itu.

Dari laporan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS, keluarga Walton melalui Walton Family Holdings Trust pada pekan lalu telah menjual saham Walmart Inc yang menghasilkan 430 juta dolar AS atau sekitar Rp6,129 triliun.

"Penjualann itu menjadikan total penjualan saham mereka di Walmart Inc telah menghasilkan hampir 2,1 miliar dolar AS sejak Januari 2021. Pemberitahuan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa diajukan atas nama anggota keluarga generasi kedua keluarga Walton, yakni Alice, Rob dan Jim Walton," bunyi laporan Bloomberg, Senin (14/6/2021).

Keluarga Walton memiliki sekitar setengah dari saham Walmart Inc yang beredar di pasar, melalui kendaraan investasi utama mereka, Walton Enterprises.

Sejak 2015, keluarga Walton telah melakukan aksi buyback kemudian menjual saham di Walmart Inc. Mereka mengalihkan 194 juta saham ke Walmart Inc pada 2015 yang kemudian hampir semuanya dijual kembali, lalu mereka memindahkan 415 juta lebih saham pada 2020.

Dijelaskan, penjualan saham baru-baru ini konsisten dengan upaya keluarga untuk menjaga keseimbangan yang tepat antara kepemilikan keluarga dan non-keluarga di Walmart Inc dengan mengimbangi kemungkinan peningkatan persentase kepemilikannya dari waktu ke waktu dan membantu mendanai kontribusi amal. 

Data yang dihimpun Bloomberg menunjukan keluarga Walton telah membeli kembali saham senilai 37,4 miliar dolar AS, sejak memulai aksi buyback saham pada 2015. 

Selama waktu itu, saham perseroan telah naik menjadi 64 persen dan membantu mengangkat kekayaan gabungan keluarga menjadi 216 miliar dolar AS atau sekitar Rp3.079 triliun. 

Buyback saham telah membantu menyusutkan jumlah saham Walmart yang beredar di pasar sebesar 13 persen, yang berarti saham keluarga Walton berada di atas 50 persen, yang menjadikan mereka tetap menjadi pemilik mayoritas Walmart Inc. 

Editor : Jeanny Aipassa