Semen Indonesia Akan Jual Semen Lewat Online
SURABAYA, iNews.id - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk akan menjual semen secara daring atau online dengan membuka laman penjualan khusus. Langkah ini untuk memudahkan konsumen perusahaan.
"Pada tahap awal, penjualan daring masih melayani wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek)," kata Kepala Biro Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia, Sigit Wahono di Surabaya, Minggu (3/6/2018).
Area penjualan secara online ini nantinya tidak hanya terbatas pada wilayah Jabodetabek, tapi juga ke seluruh Indonesia. Sigit mengatakan, pola distribusi lewat online ini akan melalui Semen Indonesia Logistik (Silog) yang tak lain anak usaha perusahaan.
"Masih kami kaji terus terkait anggaran. Tapi kami upayakan tahun ini sudah terealisasi," ujarnya.
Ia mengatakan, pembuatan laman penjualan daring Semen Indonesia adalah bagian strategi menghadapi kompetisi industri semen yang cukup ketat. Di Jawa Timur saja, kata dia, ada dua pabrik semen baru yang merupakan kompetitor. Selain itu, di Kalimantan juga produsen semen dari China yang menjual produknya jauh lebih murah dibanding produk Semen Indonesia.
Sigit mengatakan, persaingan ketat membuat BUMN ini menurunkan harga jual produknya. Selain itu, nilai penjualan di Jatim juga turun 4,5 persen menjadi 2,27 juta ton meski masih menguasai pangsa pasar sebesar 66,2 persen.
Sebelumnya, Semen Indonesia sudah masuk ke pasar daring pada akhir April lalu lewat marketplace BLANJA.com. Direktur Marketing dan Supply Chain Indonesia Semen Indonesia, Ahyanizzaman mengatakan, bisnis semen saat ini sudah berubah total.
“Dulu kita naruh semen di jalan, pasti dibeli orang. Sejak 2012, sudah banyak perubahan di bisnis semen. Kita ingin lakukan perubahan di saluran distribusi dengan memanfaatkan digitalisasi tanpa mengganggu pemain tradisional,” katanya.
Lewat BLANJA.com, Semen Indonesia membuka toko digital meski sejauh ini belum terlalu terlihat hasilnya dalam penjualan.
Editor: Rahmat Fiansyah