Singapura dan New York Tempati Urutan Teratas Kota Termahal di Dunia

Aditya Pratama ยท Minggu, 04 Desember 2022 - 14:27:00 WIB
Singapura dan New York Tempati Urutan Teratas Kota Termahal di Dunia
Singapura dan New York menempati urutan teratas sebagai kota termahal di dunia untuk ditinggali, menurut survei Economist Intelligence Unit (EIU). (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Singapura dan New York menempati urutan teratas sebagai kota termahal di dunia untuk ditinggali, menurut survei Economist Intelligence Unit (EIU). Ini merupakan kedelapan kalinya dalam 10 tahun terakhir Singapura menempati urutan pertama, sementara New York City untuk pertama kalinya menempati urutan teratas setelah melewati Tel Aviv yang kini turun ke posisi ketiga.

Mengutip CNBC International, menurut survei Worldwide Cost of Living yang digelar EIU di 172 kota, keberhasilan New York mengungguli Tel Aviv di urutan kota termahal untuk ditinggali disebabkan inflasi yang tinggi dan menguatnya mata uang dolar AS.

Menurut survei pada 16 Agustus-16 September 2022, harga rata-rata barang dalam mata uang lokal melesat sebesar 8,1 persen pada tahun ini. Angka ini naik dari 3,5 persen dari survei EIU di tahun lalu.

Kepala Biaya Hidup Sedunia di EIU, Upasana Dutt mengatakan, gangguan rantai pasok akibat kebijakan nol-Covid di China dan perang Rusia-Ukraina menjadi alasan utama kenaikan inflasi di tahun ini.

“Gabungan keduanya memberi lebih banyak tekanan pada akses ke barang dan ketersediaan produk yang memenuhi kebutuhan dasar orang-orang. Dan keduanya bersama-sama, kemudian mendorong inflasi di seluruh dunia,” ujar Dutt dikutip, Minggu (4/12/2022).

Perusahaan riset dan analisis itu menemukan, kenaikan harga paling tajam adalah untuk bahan bakar minyak (BBM) atau bensin. Rata-rata, harga bensin naik 22 persen dari tahun sebelumnya.

"Harga minyak sangat-sangat ekstrem dan salah satu yang tertinggi yang pernah kami catat dalam sejarah pengumpulan data kami,” kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda