Soal Isu Boikot, Kemendag: Tak Ada Larangan Produk Prancis

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 03 November 2020 - 15:59:00 WIB
Soal Isu Boikot, Kemendag: Tak Ada Larangan Produk Prancis
Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) tidak mengambil langkah melarang atau memboikot produk-produk asal Prancis. (Foto: Ilustrasi/Sarihusada)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) tidak mengambil langkah melarang atau memboikot produk-produk asal Prancis. Isu politik yang terjadi di Prancis di luar konteks perdagangan.

"Betul tidak ada larangan. Kasus tersebut menyangkut isu non trade. Sejauh ini tidak ada langkah-langkah yang Kemendag lakukan," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Didi Sumedi di Jakarta.

Aksi boikot produk Prancis di beberapa negara, termasuk Indonesia turut mempengaruhi salah persepsi terhadap beberapa produk yang lahir dan besar di Indonesia. Seperti produk SGM dan air kemasan merek Aqua yang sebenarnya produk dalam negeri.

"Aqua dan SGM lahir di Indonesia. Kami akan terus beroperasi dengan tetap menyediakan produk-produk yang sejak awal memang lahir, dibesarkan dan tetap diproduksi di Indonesia," kata Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (3/11/2020).

Dia menjelaskan sejarah susu anak SGM yang lahir pada 1965 pada saat suasana politik diwarnai ketegangan domestik dan persaingan politik global. Sementara ekonomi Indonesia dalam suasana krisis ditandai inflasi yang tinggi.

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2