Soal Ketidakhadirian Putin di KTT G20 Bali, Begini Kata Bahlil

Ikhsan Permana SP ยท Senin, 14 November 2022 - 09:50:00 WIB
Soal Ketidakhadirian Putin di KTT G20 Bali, Begini Kata Bahlil
Soal ketidakhadirian Putin di KTT G20 Bali, begini kata Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Foto: Kementerian Investasi

BADUNG, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan tidak akan hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022. Soal itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia tidak banyak memberikan keterangan. 

Dia justru meminta menanyakan hal tersebut langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Itu karena Presiden Jokowi yang bisa menghubungi Putin.

"Menyangkut Putin, nanti wawancara Pak Presiden Jokowi saja karena saya tidak bisa berkomunikasi dengan Putin. Yang bisa menelepon Putin hanya Presiden Republik Indonesia," kata dia saat temu media di Badung, Bali, Minggu (13/11/2022).

Bahlil menjelaskan, menurut informasi dari Presiden Jokowi, kehadiran Putin di KTT G20 bergantung pada kondisi di dalam negeri Rusia. Artinya, jika Rusia dalam kondisi baik, maka Putin akan datang.

"Pak presiden sudah menyampaikan kalau kondisi di Rusia bagus, dia (Putin) akan hadir, tapi kalau tidak bagus, tidak akan hadir. Tapi sudah dipastikan tidak akan hadir kan, mungkin lagi enggak bagus kondisinya (Rusia)," tutur Bahlil.

Sebelumnya Kepala Protokol Kedutaan Besar Rusia Yulia Tomskaya menyampaikan delegasi Rusia akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Sergei Lavrov di KTT G20.

"Saya bisa mengonfirmasi bahwa Sergei Lavrov akan memimpin delegasi Rusia di G20. Program Presiden Putin masih sedang dikerjakan supaya beliau bisa berpartisipasi secara virtual," ujar Yulia.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda