Sosok Husain Djojonegoro, Pemilik Baterai ABC Berharta Rp19 Triliun

Cahya Puteri Abdi Rabbi ยท Kamis, 06 Oktober 2022 - 20:48:00 WIB
Sosok Husain Djojonegoro, Pemilik Baterai ABC Berharta Rp19 Triliun
Baterai ABC kini dikelola oleh putra Chandra Djojonegoro, Husain Djojonegoro dengan harta kekayaan mencapai Rp19,04 triliun. (Foto: abc-battery.com)

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan produk baterai merek ABC. Merek baterai ini sering ditemui di berbagai tempat dan banyak digunakan masyarakat untuk melengkapi peralatan elektroniknya.

Baterai ABC didirikan oleh Chandra Djojonegoro dan Chu Sok Sam. Keduanya memulai bisnis baterai dengan mendirikan PT Everbright pada 1959 yang berlokasi di Medan. Mulanya, perusahaan tersebut berfokus pada manufaktur sell kering.

Guna merambah pasar luar negeri, keduanya kemudian mendirikan PT Chemical Industry atau Intercallin. Pabrik tersebut memulai produksi baterai alkaline ukuraan AA/LR6, dan pada tahun 2000 mulai memproduksi baterai alkaline ukuran AAA/LR03.

Hingga saat ini, pabrik tersebut telah memproduksi berbagai varian baterai carbon zinc dalam banyak ukuran. Saat ini ABC dikelola oleh putra Chandra Djojonegoro, Husain Djojonegoro. 

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda