Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : HyperSolidarity, Aksi Nyata Hypernet Technologies Berbagi Kebaikan
Advertisement . Scroll to see content

Strategi Kompetitif Antara Produk Lokal Konsumen di Asia Tenggara

Senin, 21 Agustus 2023 - 10:25:00 WIB
Strategi Kompetitif Antara Produk Lokal Konsumen di Asia Tenggara
Ilustrasi. (Foto: dok midjourney/aldinabahri)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Dalam situasi perdagangan global yang kompleks, konsep keunggulan komparasi dan kompetisi muncul sebagai acuan bagi bisnis-bisnis yang ingin mengamankan posisi mereka di market.

Kawasan Asia Tenggara, yang berada di bawah payung Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), memiliki latar belakang yang menarik untuk mengeksplorasi paradigma strategis ini.

Dengan mendalami ranah brand dan perusahaan barang lokal, dengan fokus khusus pada Indonesia, dapat mengungkap perbedaan dan interaksi simbiosis antara keunggulan komparatif dan kompetitif.

Kedua gagasan ini, dapat diolah dan diterapkan dengan bijak dan menghasilkan strategi untuk memenangkan persaingan, membentuk standar baru kepada brand yang ada di market. 

Keunggulan Komparatif: The Path to Specialization

Landasan teoritis untuk keunggulan komparatif dikemukakan oleh ekonom terkemuka David Ricardo. Dia mengatakan bahwa negara, atau bisnis di dalamnya, harus memiliki spesialisasi dalam produksi barang atau jasa di mana biaya mereka relatif lebih rendah daripada kompetitor mereka. Konsep ini bergantung pada sumber daya, kemampuan teknologi, dan efisiensi produksi.

Saat menganalisa lanscape produk konsumen di Asia Tenggara yang beroperasi dalam kerangka ASEAN, esensi keunggulan komparatif dicerminkan oleh beragam sumber daya, warisan budaya, dan strategi spesialis.

Dalam kerangka ASEAN, Indonesia muncul sebagai contoh pemanfaatan keunggulan komparatif. Kepulauan yang luas ini, dihiasi dengan kekayaan sumber daya alam dan keanekaragaman budaya, menjadi wadah untuk mengeksplorasi konsep ini. Industri kelapa sawit mewujudkan keunggulan komparatif Indonesia.

Dengan bentangan luas tanah subur, negara ini membanggakan anugerah alam yang mendorong produksi minyak sawitnya ke tingkat global. Proses produksinya yang hemat biaya membedakannya di pasar internasional. Dengan memanfaatkan kekuatan yang melekat ini secara strategis, Indonesia telah memantapkan dirinya sebagai landasan industri kelapa sawit dunia, sehingga memperkuat pertumbuhan ekonomi dan keunggulan perdagangan internasionalnya.

Keunggulan Kompetitif: Carving Distinct Niches

Tidak seperti keunggulan komparatif, keunggulan kompetitif berputar di sekitar diferensiasi dan kekhususan di market. Itu dibangun di atas premis untuk memberikan nilai emosional dan fungsional yang unik yang selaras dengan audiens target, menciptakan hambatan terhadap pesaing potensial.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut