Survei Lokasi KEK MNC Lido City, Konglomerat Dubai: Potensial untuk Industri Data Center

MNC Media ยท Sabtu, 15 Januari 2022 - 16:46:00 WIB
Survei Lokasi KEK MNC Lido City, Konglomerat Dubai: Potensial untuk Industri Data Center
Utusan perusahaan konglomerat Dubai, Damac Group, meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City, pekan ini. (Foto: Istimewa)

BOGOR, iNews.id – Perusahaan konglomerat Dubai, Damac Group, meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City, pekan ini. Kunjungan itu, merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya pada November 2021 antara MNC Land dan Damac Group di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), yang difasilitasi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk UAE Husin Bagis.   

Dalam kunjungan tersebut, Vice President Data Centers Damac Group Memethan Sisik bertemu dengan Wakil Direktur Utama PT MNC Land Tbk, Edwin Darmasetiawan, di Gedung Park Tower, Jakarta, pada Rabu (12/1/2022). Keduanya membahas potensi kerja sama untuk pengembangan industri data center di KEK MNC Lido bertemu City.

Selain Edwin Darmasetiawan, jajaran direksi PT MNC Land Tbk lainnya turut hadir, di antaranya Direktur Natalia Cecilia Tanudjaja, Direktur Vincent Henry Richard Hilliard, CFO PT MNC Land Lido Widi Widananto, dan jajaran direksi dari unit bisnis MNC Group lainnya. 

Selanjutnya, berlangsung pertemuan kedua pada Jumat (14/1/2022), dimana Vice President Data Centers Damac Group Memethan Sisik yang didampingi oleh jajaran direksi PT MNC Land Tbk meninjau mega-proyek KEK MNC Lido City yang berada di Bogor. 

“Kami sangat tertarik lokasinya yang lebih dekat Jakarta dengan tingkat populasi yang lebih banyak, sehingga sangat bagus dan potensial untuk pengembangan industri data center,” ujar Memethan Sisik saat berbincang dengan Edwin Darmasetiawan ketika mengunjungi KEK MNC Lido City.

Menanggapi kunjungan perwakilan Damac Group, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo optimis dengan rencana kedua pihak untuk membangun berbagai proyek di KEK MNC Lido City. 

Selain rencana pengembangan industri data center, menurut Hary Tanoesoedibjo, MNC Group melalui PT MNC Land Tbk tengah menjajaki Damac Group untuk pengembangan industri properti di KEK MNC Lido City. 

Damac Group atau yang lebih dikenal dengan Damac Properties merupakan perusahaan pengembang properti terkemuka di dunia yang berpusat di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Selain memiliki banyak portofolio di industri real estate, Damac Group juga berfokus mengembangkan industri data center. 

Seperti dikutip dari berbagai sumber, hingga saat ini tercatat industri data center Damac Group telah merambah ke pasar Asia Barat, seperti Saudi Arabia, Qatar, Yordania, Irak, serta pasar Eropa dan Amerika seperti Kanada, Italia, dan Inggris.

Seperti diketahui KEK MNC Lido City merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang berlokasi di Bogor. Kawasan ini dikembangkan di lahan seluas 1.040 hektar dengan total luas area pengembangan hingga 3.000 hektar. 

Selain akan dilakukan rencana pengembangan industri data center bersama Damac Group, di kawasan ini sedang dibangun berbagai destinasi ikonik yang akan menjadi wisata baru di Indonesia, mulai dari Movieland, Lido Music & Arts Center, Lido World Garden, theme park berstandar kelas dunia, lapangan golf berstandar PGA yang dirancang oleh Ernie Els, dan berbagai hotel berbintang yang terintegrasi dengan fasilitas MICE terlengkap.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: