Tahap Awal, Food Estate di Sumatra Utara Dibangun 1.000 Hektare

Michelle Natalia ยท Sabtu, 12 September 2020 - 15:05:00 WIB
Tahap Awal, Food Estate di Sumatra Utara Dibangun 1.000 Hektare
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat berkunjung ke Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbahas, Sumatra Utara. (Foto: Humas Kementan)

JAKARTA, iNews.id - Proyek lumbung pangan (food estate) akan dibangun di Sumatra Utara di samping Kalimantan Tengah. Untuk tahap awal, food estate akan dibangun tahun ini dengan lahan yang dipakai 1.000 hektare (ha).

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, food estate tahap awal itu akan menjadi kawasan percontohan lumbung pangan berbasis hortikultura. Lokasi food estate tersebut berada di Kabupaten Humbahas, Sumatra Utara,

"Kita akan kembangkan lahan food estate di lokasi seluas 30.000 hektare. Tapi untuk uji coba di 2020 ini ada kurang lebih 1.000 hektare untuk kita coba. Tentunya keterlibatan petani setempat harus ada," katanya, Sabtu (12/9/2020).

Syahrul menargetkan, food estate hortikultura seluas 30.000 ha akan dibangun dalam tiga tahun ke depan. Dia memastikan, pembangunan ini sudah menjadi program super prioritas dari Kementerian Pertanian.

Komoditas yang ditanam, kata dia, meliputi kentang industri, bawang merah dan bawang putih. Pembangunannya bertujuan mengoptimalkan lahan-lahan potensial sehingga dapat meningkatkan produksi sekaligus nilai tambah bagi komoditas yang ditanam.

Editor : Rahmat Fiansyah