Tahap Awal, MNC Land Gelontorkan Rp1 Triliun Lebih untuk Proyek Lido

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Senin, 06 Agustus 2018 - 22:13 WIB
Tahap Awal, MNC Land Gelontorkan Rp1 Triliun Lebih untuk Proyek Lido

Direktur Keuangan MNC Land Erwin R Andersen. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - PT MNC Land Tbk (IDX: KPIG) membeberkan nilai investasi awal proyek MNC Lido Resort lebih dari Rp1 triliun. Megaproyek yang ditargetkan rampung pada 2022 ini memakan waktu pembangunan selama 2,5 tahun yang dimulai sejak 2019.

Direktur Keuangan MNC Land Erwin R Andersen mengatakan, ke depan ada investasi lanjutan yang tidak kalah besar. Adapun pendanaan untuk proyek ini terdapat dua skema yaitu 70 persen dari perbankan dan 30 persen dari ekuitas.

"Lido totalnya kira-kira harusnya than (lebih dari) ini Rp1 triliun. Termasuk rencana sih kalau tidak ada hambatan termasuk theme park. Iya ada (skema investasi lagi) besar sih," ujarnya setelah RUPSLB di iNews Tower, Jakarta, Senin (6/8/2018).

Ia melanjutkan, untuk tahun 2018 perseroan menganggarkan dalam rencana belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp1,5 triliun hingga Rp2 triliun. Sementara untuk tahun depan diperkirakan akan lebih banyak lagi karena sebagian besar digunakan untuk pembangunan proyek tersebut.

"Tahun depan itu banyak pengeluaran, terutama (di MNC Lido Resort) itu kan ada theme park," kata dia.

Wakil Direktur MNC Land M Budi Rustanto menuturkan, nanyaknya anggaran yang akan digelontorkan untuk megaproyek ini lantaran MNC Lido Resort bertujuan menjadi destinasi wisata dunia. Selain itu juga untuk meningkatkan devisa negara dan mengurangi wisatawan domestik ke luar negeri.

“Anggaran luar biasa, ini upaya kita untuk menaikkan Lido karena itu menggantikan fungsi dari wahana terbaik di dunia," ucap dia.

Oleh karena itu, lanjutnya, tak heran jika theme park yang menjadi bagian dari MNC Lido Resort dirancang oleh salah satu desainer Disneyland yang merupakan tempat wisata terbaik di dunia. "Theme park ini didesain oleh pembuat Disneyland, dan desain Disneyland, tidak akan berbeda hanya namanya saja yang berbeda. Kita beri nama MNC Lido Resort," kata dia.

Untuk itu, pihaknya mengebut penyelesaian proyek-proyek yang ditargetkan selesai pada tahun ini. Dengan demikian, tahun depan perseroan dapat fokus untuk melakukan pembangunan konstruksi untuk megaproyek ini.

"Desain sudah final semua sehingga diharapkan kita akan mulai tahun depan baik itu Theme Park (Lido), Hotel Trump (Bali) maupun pembangunan lapangan golf baru di Bali termasuk villa, residence, dan condotel," tuturnya.

Editor : Ranto Rajagukguk