Tampil di Tong-Tong Fair, BRI Sukses Bawa Produk UMKM Go Global
Strategi Business Matching
Amam menuturkan bahwa perseroan juga melakukan strategi business matching mempertemukan konsumen (buyer) dari mancanegara dengan UMKM lokal. Strategi ini dapat dilihat dari gelaran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, ajang tahunan BRI untuk mendorong pelaku UMKM binaan BRI go global.
Di tahun lalu, ajang EXPO(RT) BRIlianpreneur mencatatkan transaksi business matching hingga 72,13 juta Dolar AS atau melampaui target perseroan yang telah ditetapkan, sebesar 65 juta Dolar AS. Adapun sebanyak 110 buyers meramaikan ajang ini berasal dari 31 negara, termasuk Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur tengah, hingga Australia.
“UMKM lokal memiliki potensi yang sangat besar dengan beragam keunikan serta produk yang disukai oleh berbagai konsumen dari berbagai negara. Untuk itu lah, kami coba berusaha mendampingi agar produk UMKM lokal ini memiliki kualitas terbaik dan selaras dengan kebutuhan pasar,” tuturnya.
Lebih lanjut, Amam menerangkan BRI berkomitmen untuk terus menyokong aspek permodalan pelaku UMKM. Hingga kuartal II-2022, Portofolio kredit UMKM BRI tercatat tumbuh sebesar 9,81 persen year on year (YoY), dari Rp837,82 triliun di akhir Juni 2021 menjadi Rp920 triliun di akhir Juni 2022.
Hal ini menjadikan proporsi kredit UMKM dibandingkan total kredit BRI terus merangkak naik, menjadi sebesar 83,27 persen. Adapun BRI secara konsolidasian berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp1.104,79 triliun atau tumbuh 8,75 persen yoy pada periode yang sama.
Seluruh sektor kredit tercatat mengalami peningkatan positif, dengan penopang utama yakni, segmen mikro yang tumbuh 15,07 persen, segmen konsumer tumbuh 5,27 persen, segmen korporasi tumbuh 3,76 persen, serta segmen kecil dan menengah tumbuh 2,71 persen.
Editor: Anindita Trinoviana