Terbangkan Pesawat Boeing 737 Max, Garuda Indonesia Tunggu Izin Kemenhub

Taufik Fajar ยท Jumat, 20 November 2020 - 15:39:00 WIB
Terbangkan Pesawat Boeing 737 Max, Garuda Indonesia Tunggu Izin Kemenhub
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pesawat Boeing 737 Max mendapatkan izin mengudara kembali dari otoritas penerbangan Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA) setelah hampir dua tahun dilarang terbang akibat cacat perangkat. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk diketahui masih memiliki pesawat jenis tersebut. 

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyebut, untuk bisa mengoperasikan pesawat itu, perusahaan membutuhkan aturan dan persetujuan dari otoritas penerbangan pemerintah, yakni Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Kemudian untuk melakukan penerbangan ini, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan termasuk persiapan dari pesawat tersebut, maupun retraining dari pilotnya. Karena ini ada jangka waktu yang cukup lama di mana pilot kami harus melalui sertifikasi lagi," ujar dia dalam konferensi pers virtual, Jumat (20/11/2020).

Dia juga menjelaskan, untuk menerbangan pesawat itu, Garuda Indonesia menunggu proses izin dirampungkan. Selain itu, Garuda Indonesia hanya memiliki satu unit pesawat jenis tersebut.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2