Terdampak Covid-19, Garuda Indonesia Negosiasi Sewa Pesawat

Djairan ยท Rabu, 29 April 2020 - 15:43 WIB
Terdampak Covid-19, Garuda Indonesia Negosiasi Sewa Pesawat

Garuda Indonesia. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan berbagai upaya untuk mengurangi dampak kerugian akibat Covid-19. Salah satunya melakukan negosiasi pembayaran sewa pesawat yang dinilai terlalu mahal.

"Biaya sewa ini sudah terlalu mahal, sudah kita nego dari lama. Sekarang kita punya kesempatan bagus untuk negosiasi ulang,” ujar Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra pada RDP bersama Komisi VI DPR RI via daring, Rabu (29/4/2020).

Untuk pembayaran harga sewa pesawat Boeing-777 Garuda membayar sekitar Rp25 miliar per bulan. Setelah melakukan negosiasi ulang, harga sewa berhasil diturunkan menjadi Rp12,4 miliar per bulan.

“Kita punya 10 unit, jadi harus bayar dua kali lipat dari harga pasar," ujar Irfan.

Kondisi keuangan Garuda dirasakan menurun saat China memutuskan menutup penerbangan akibat kebijakan lockdown. Diikuti dengan Arab Saudi yang juga menutup penerbangan terutama pada jadwal umrah. Penumpang pun semakin turun saat adanya larangan mudik Lebaran dalam rangka pencegahan penyebaran corona.

Garuda juga akan memangkas rute penerbangan yang dinilai merugikan. Pihaknya akan merestrukturisasi kebijakan untuk mencari jadwal baru guna menghindari parahnya kerugian.

Editor : Ranto Rajagukguk