Terima Dogecoin untuk Pembayaran, Produk Tesla Diborong Besar-besaran

Jeanny Aipassa ยท Senin, 17 Januari 2022 - 06:54:00 WIB
Terima Dogecoin untuk Pembayaran, Produk Tesla Diborong Besar-besaran
Ilustrasi Dogecoin. (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Produk Tesla diborong besar-besaran dalam dua hari terakhir, sejak menerima Dogecoin (DOGE) sebagai alat pembayaran. 

Aksi borong produk Tesla dengan Dogecoin terjadi setelah CEO Tesla, Elon Musk, mengumumkan menerima mata uang kripto tersebut untuk pembayaran produk Tesla, pada akhir pekan lalu. 

Sejak saat itu, Toko Tesla mencatat sejumlah produk diborong besar-besaran bahkan terjual habis, seperti sepeda quad untuk anak-anak, pengisi daya portabel nirkabel, pakaian pria dan wanita, serta aksesori. 

Pengumuman Elon Musk datang sebagai kenyataan yang telah lama ditunggu-tunggu bagi sebagian besar pendukung DOGE yang berharap bahwa produsen kendaraan listrik akan memimpin jalan untuk adopsi institusional sebelum akhir 2022.

Pengumuman Elon Musk juga membuat Dogecoin melonjak lebih dari 17 persen. DOGE secara singkat merebut kembali 0,2 dolar Amerika Serikat (AS) beberapa jam setelah cuitan Elon Musk. Secara agregat, Elon Musk telah memimpin koin meme ke rekor peningkatan nilai keseluruhan sebesar 12.000 persen.

Sebelumnya pada Mei 2021, Elon Musk bertanya kepada pengguna dalam jajak pendapat di Twitter apakah mereka ingin melihat Tesla menerima Dogecoin. Pada Maret 2021, Elon Musk mengumumkan Tesla akan mulai menerima Bitcoin sebagai opsi pembayaran, sebelum mengakhirinya secara tiba-tiba karena alasan seperti konsumsi energi dan dampak lingkungan yang negatif.

Menjelang akhir 2021, para pendukung mulai memvisualisasikan potensi perusahaan Dogecoin dan Starlink (perusahaan internet Elon Musk), dan selama periode inilah Elon Musk mendorong DOGE kembali ke angka 0,2 dolar AS, mencatat hampir 35 persen nilai keuntungan setelah cuitannya dimana ia pertama kali mengumumkan uji coba DOGE yang akan datang sebagai opsi pembayaran untuk Tesla.

Pengumuman oleh orang terkaya di dunia, yang merangkap sebagai super-influencer kripto itu, menaikkan harga DOGE dari level terendah intraday 1,16 dolar AS melewati angka 0,2 dolar AS. Lebih dari 4,5 miliar dolar AS DOGE telah ditukar selama periode tersebut, menandai peningkatan 204,6 persen.

Lonjakan penggunaan DOGE membawa koin bergambar anjing tersebut lebih dekat ke level tertinggi sepanjang masa dan meningkatkan harapan untuk mencapai nilai 1 dolar AS yang sangat didambakan. 
Pengumuman ELon MUsk juga membuat Dogecoin menemukan sentimen untuk mendongkraknya ke posisi 11 teratas koin kripto setelah mencapai kapitalisasi pasar 25 miliar dolar AS dan memuncak pada posisi ke-5 pada April 2021.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: