THR dan Gaji Habis, Ini Tips Kelola Keuangan Usai Lebaran

Shelma Rachmahyanti ยท Sabtu, 14 Mei 2022 - 14:20:00 WIB
 THR dan Gaji Habis, Ini Tips Kelola Keuangan Usai Lebaran
Ilustrasi Tunjangan Hari Raya (THR). (ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id – Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji habis digunakan saat momen lebaran kerap dialami sebagian orang. Untuk itu, ada tips kelola keuangan usai lebaran yang perlu kamu simak. 

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini, mengatakan pentingnya memisahkan antara kebutuhan bulanan yang dibayar dari gaji dengan kegiatan di momen Lebaran yang dibayar dari THR.

“Jadi ketika selesai perayaan Hari Raya, Anda tidak pusing uang darimana kan masih ada gaji yang memang diperuntukkan untuk membayar kegiatan rutin atau pengeluaran rutin bulanan. Sehingga kalau untuk Hari Raya tidak dibayar dari gaji. Akhirnya gajinya utuh kan,” kata Mike, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Sabtu (14/5/2022).

Namun, jika hal tersebut sudah terjadi maka Anda bisa mengatur keuangan dengan cara berhemat. Di mana, dana yang tersisa diusahakan cukup untuk berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi sebelum gajian.

“Kalau sudah terlanjur berarti kita itung berapa hari yang kita punya yang harus didanai sampai jelang gajian. Berarti tadi itungannya masih 10 hari, tiap hari kita keluar untuk biaya belanja dapur, transport ke kantor. Intinya pengeluaran hariannya itu kira-kira berapa,” ujar Mike.

Sementara untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa tetap memenuhi kebutuhan dasar seperti makan dan minum. Lalu, yang perlu dihentikan yakni biaya entertainment misalnya biaya ngopi di café atau jalan-jalan ke mal.

“Nah yang perlu dipotong atau perlu dihentikan sementara waktu, mungkin biaya entertainment. Seperti biaya jalan ke mal, biaya ngopi, bahkan biaya makan siang di kantor juga bisa kita hentikan dengan cara kita membawa makan sendiri dari rumah,” tutur Mike.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda