TikTok Bangun Komunikasi dengan Perusahaan E-Commerce RI, Bahas Kemitraan
JAKARTA, iNews.id - TikTok dikabarkan telah melakukan komunikasi dengan perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia untuk menjalin kemitraan. Media sosial asal China itu disebut telah melakukan pembicaraan dengan lima perusahaan mulai dari Tokopedia hingga Bukalapak.
Berdasarkan laporan Reuters, Senin (13/11/2023), hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten masduki dalam sebuah wawancara.
"Beberapa perusahaan e-commerce di Indonesia telah berbicara dengan TikTok,” ujar Teten dikutip, Selasa (14/11/2023).
Reuters menyebutkan bahwa hingga saat ini Juru Bicara TikTok Indonesia masih belum bersedia memberikan komentar. Tokopedia juga menolak untuk berkomentar.
Sementara pihak Bukalapak mengatakan perusahaannya tidak mengetahui pembicaraan tersebut. Kemudian, Blibli belum memberikan tanggapan.
Ketertarikan TikTok untuk buka e-commerce di Indonesia sempat mencuat setelah CEO TikTok Shou Zi Chew menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan pertemuan. Namun, Jokowi mensyaratkan Bos TikTok tersebut untuk terlebih dahulu menemui Menkop UKM.
Sebelumnya, Teten menyampaikan akan bertemu Bos TikTok tersebut pada akhir November 2023.
"Minggu depan katanya, setelah tanggal 20-an (November) lah," ucap Teten kepada wartawan, Jumat (10/11/2023).
Seperti diketahui sebelumnya, Kementerian Perdagangan menerapkan larangan transaksi perdagangan di platform e-commerce pada bulan lalu. Hal ini dilakukan untuk melindungi pedagang kecil dan memastikan perlindungan data pengguna.
Editor: Aditya Pratama