TikTok Tambah Fitur Belanja, Kylie Jenner Langsung Jualan Produk Kosmetik
BEIJING, iNews.id - Aplikasi media sosial asal China, TikTok, menambah fitur belanja yang memungkinkan pengguna bisa langsung membeli produk e-Commerce bahkan membuat "toko mini".
TikTok telah bermitra dengan Shopify, platform e-commerce dari Kanada, untuk memungkinkan pedagang menambahkan tab belanja ke profil TikTok mereka dan membuat "toko mini" agar pelanggan dapat langsung membeli produk mereka dalam aplikasi.
Pengguna juga dapat menandai produk di postingan TikTok dan menautkan langsung ke penjual atau toko dimana item tersebut dapat dibeli, mirip dengan fitur yang ditawarkan Instagram.
Untuk memanfaatkan fitur belanja baru tersebut, pengguna TikTok yang mengikuti uji coba, harus menjadi pedagang Shopify dengan akun TikTok For Business.
Untuk saat ini, fitur belanja hanya tersedia untuk pengguna TikTok di Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Inggris. Sejumlah pedagang Kanada terpilih untuk mengambil bagian dalam uji coba fitur belanja tersebut.
"Kami berencana untuk memperluas fitur ke lebih banyak negara dalam beberapa bulan mendatang," bunyi pengumuman TikTok, seperti dikutip Forbes, Selasa (24/8/2021).
Salah satu pengguna pertama yang memanfaatkan fitur belanja terbaru di aplikasi TikTok adalah maestro makeup dan influencer, Kylie Jenner. Dia menjual Kylie Cosmetics yang bernilai jutaan dolar kepada hampir 35 juta pengikutnya di TikTok.
“Saya membangun bisnis saya di media sosial. Di situlah penggemar saya pertama kali mencari apa yang baru dari Kylie Cosmetics," ujar Kylie Jenner, Selasa (24/8/2021).
TikTok dikenal sebagai penggerak tren ritel—penjualan pelembab Cerave, keju feta, dan kopi instan. Semua produk tersebut meningkat berkat viral di TikTok, yang menjadi media sosial pilihan Gen Z.
Editor: Jeanny Aipassa